Dunia ‘haute couture’ secara tradisional memang tertutup untuk publik. Secara eksklusif hanya diperuntukkan bagi yang terkaya dan penikmat fesyen saja, tetapi Balenciaga ada disini untuk mengubahnya!
Faktanya, fashion brand asal Prancis itu membuka jendela dengan Couture Store pertamanya di 10 Avenue George V, Paris. Alamat tersebut memiliki sejarah tersendiri, dimana Cristóbal Balenciaga, founder dari Balenciaga pertama kali membuka salon adibusana nya di tahun 1937. Cristóbal menciptakan desain untuk sosialita stylish seperti Babe Paley dan Pauline de Rothschild selama bertahun-tahun sebelum akhirnya pensiun pada tahun 1968.
Balenciaga returned to those roots last year, dimana setelah lebih dari lima dekade vakum, Demna Gvasalia sang desainer kembali menggelar koleksi haute couture di salonnya yang dipugar di Paris. Tetapi untuk kali ini, ruang tersebut akan diperluas untuk para klien agar bisa mendapatkan kesempatan berbelanja pakaian limited edition, tas, aksesoris, serta benda-benda sekali pakai. Dimulai dari barang ‘seni’ sampai dengan yang berteknologi tinggi, dan bukan hanya sekadar mengadakan peragaan busana untuk dihadiri Kanye West saja. WhatsApp Image 2022-07-15 at 8.26.31 PM.jpeg

Foto: Dok. Balenciaga

Klien-klien Balenciaga bisa mengharapkan produk kerajinan terbaik dari pengrajin Balenciaga, dimana semua barangnya dibuat di Prancis secara eksklusif untuk Couture Store. Dan jika mereka menginginkan yang ekstra, pembeli dapat melakukan pembelian yang benar-benar unik atau ‘one-of-a-kind’ melalui layanan personalisasi dan perubahan yang tersedia di atelier Balenciaga, tepat di lantai atas gedung yang sama.
Di toko barunya, mereka menawarkan pembeli untuk bisa merasakan ‘kemewahan’ dari haute couture. Dimana kamu dapat mencoba desain terbaru Balenciaga di fitting salon yang luas, much like couture clients of the past. Perbedaannya, pembeli tidak perlu menunggu fitting berbulan-bulan lamanya dan dapat langsung membawa pulang barang belian mereka.
“In this new store, products, made-to-measure services and retail excellence are a reinvention of the Balenciaga client experience,” ucap Cédric Charbit, CEO Balenciaga. “You’ll be able to get the best possible service. You’re in a space that’s not a retail space; it’s experiencing a dream.”
Semua akan dimulai pada tanggal 6 Juli, dimana merek fesyen tersebut akan menggelar peragaan busana haute couture Musim Gugur/Musim Dingin 2022 di 10 Avenue George V. Beberapa koleksi terbaru terpilih rancangan Gvasalia juga sudah mulai bisa dibeli pada Couture Store, yang juga akan buka di hari yang sama.

WhatsApp Image 2022-07-15 at 8.27.11 PM.jpeg

Foto: Dok. Balenciaga

Dengan toko barunya itu, Balenciaga menggabungkan dua konsep yang telah lama tampak sama-sama eksklusif yaitu, the superior craftsmanship of couture creations, yang secara  detail dibuat oleh pengrajin tangan Balenciaga, dan model bisnis instan “lihat & beli sekarang” dimana sistem tersebut telah diadopsi oleh sebagian besar industri fashion yang bergerak cepat. Hal ini akan amat sesuai dengan preferensi belanja pelanggan Balenciaga yang lebih muda, dimana mereka telah terbiasa berbelanja sepatu kets, handbag, dan T-shirt Balenciaga, mengikuti hype yang dibuat oleh selebriti seperti Kim Kardashian. Mungkin Couture Store juga akan sedikit demi sedikit memperdalam pemahaman mereka tentang sejarah Balenciaga yang ‘kaya’.
“A lot of people don’t even know that Balenciaga is a 100-plus-year-old couture brand,” sampai Gvasalia setelah peragaan busana haute couture pertamanya. “They think it’s a brand that started with the Triple S sneaker. So in a way, it’s kind of educational, but also putting in the spotlight what is the most important thing about fashion, and to me, couture is the purest expression of that.”