Memiliki gaya hidup yang lebih praktis atau biasa dikenal dengan istilah capsule wardrobe, memang menjadi pilihan beberapa orang terutama mereka yang memiliki gaya berbusana minimalis. Istilah ini juga digunakan bagi mereka yang ingin menekan pengeluaran berbelanja fashion item sepeti tas, baju, sepatu, dan memilih untuk tidak mengikuti tren saat ini. Lalu seperti apa konsep capsule wardrobe ini? Yuk simak disini. 

Tidak mudah dilakukan 

carnivala.jpg

Dipopulerkan pertama kali pada tahun 1970 oleh Susie faux, seorang pecinta fashion dan pemilik butik bernama wardrobe di West End London, capsul wardrobe lebih mengedepankan fungsi dari fashion items itu sendiri. Ia juga mengajarkan kita untuk menjadi pemilih dalam mengoleksi fashion item. Rupanya metode ini berhasil membuat beberapa orang memilih untuk menggunakan capsule wardrobe dalam koleksinya.

Kurasi adalah kunci 

rivet.jpgMenahan keinginan membeli berbagai fashion item, menjadi tantangan besar terutama bagi kaum wanita. Memilih metode ini dalam kehidupan sehari-hari artinya kamu hanya bisa memasukan sebanyak 35 sampai 37 koleksi pakaian dan aksesoris dasar ke dalam lemarimu. Semua yang bersifat dasar, fungsional dan berwarna netral seperti putih, hitam, coklat, abu-abu dan cream, serta kurasi pakaian berbagai musim sudah harus termasuk di dalamnya.

Kembali dipopulerkan di era 80-an 

audreyrivet.jpgWalaupun tidak terlihat mudah, metode capsule wardrobe ini sudah dikenal dan diterapkan oleh para pecinta fashion hampir di seluruh dunia. Pada era 80-an, capsule wardrobe kembali dipopulerkan oleh Dona Karran, desainer ternama asal Amerika. Hingga saat ini, metode capsule wardrobe sudah dipraktikan oleh beberapa orang, mereka pun mengaku setelah memutuskan untuk mengubah koleksinya kedalam bentuk capsule wardrobe, hidup mereka menjadi lebih selektif dan lebih praktis. Ditambah metode ini juga dapat membuat psikologi orang yang mempraktikannya jauh lebih tenang, tidak lagi merasa kebingunan ketika memilih pakaian, atau melihat tumpukan baju yang sudah tidak memiliki tempat lagi. Setelah mengkurasi jumlah pakaian dan aksesoris, selanjutnya kamu akan dengan pintar mempadu padankan pakaian yang ada agar tetap terlihat chic dan stylish.

Memiliki banyak keuntungan 
dress-2583092_960_720.jpg

Selain memberikan kenyamanan serta kemudahan dalam berpakaian, capsule wardrobe dikenal memiliki beberapa keuntungan. Beberapa keuntungannya adalah menghemat waktu, melepaskan keterikatan terhadap banyak barang dan menghemat budget fashion. Dengan metode ini kamu juga bisa mengehemat ruangan di lemarimu. Bagaimana? Menarik bukan? 

Baca juga: IT Looks: Yuk Lihat Travel Style Ala Si Tampan Richard Kyle

Tags: Fashion Looks, Fashion Style, Capsule Wardrobe, Fashion Collection, Fashion Minimalis