Sneakers Air Jordan 1 bukanlah hal yang asing lagi bagi banyak orang, terlebih lagi sepatu ini sering digunakan oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sneaker yang sangat ikonik ini sudah memiliki dampak yang cukup besar pada dunia sepatu dan olahraga.

Semenjak rilisnya pertama kali pada tahun 1985, sepatu ini memiliki pengaruh yang cukup besar, terlebih lagi pada tahun 2018 kemarin terdapat kurang lebih 60 Nike Air Jordan 1 terbaru dirilis, kebanyakan dari rilis tersebut ditunggu-tunggu dan langsung sold out. Mengingat bahwa Air Jordan 1 memiliki sejarah selama 30 tahun lebih, berikut ini beberapa warna-warna dari Air Jordan 1 yang memiliki harga jual yang tinggi.

Air Jordan 1 “Legends of Summer Black”

802741_01.jpgFoto: via. Flight Club

Harga resell rata-rata: 6,400 dollar AS atau Rp 90juta

Koleksi ketiga dan terakhir dari Nike Air Jordan 1 “Legends of Summer” ini memberikan color blocking antara warna hitam dan merah yang membuat para penggemar Jordan ini menggila, ditambah lagi dengan tambahan warna silver relfektif pada bagian Swoosh dan toe box untuk tampilan yang unik. Perlu diketahui bahwa sepasang sepatu ini dirilis sangat terbatas.

Colette x Air Jordan 1 F&F

colette-Air-Jordan-1-Au-Revoir.jpgFoto: via. Sneaker Bar Detroit

Harga resell rata-rata: 4,854 dollar AS atau Rp 68juta

Ketika butik asal paris, Colette menutup bisnisnya setelah 20 tahun berbisnis pada tahun 2017 lalu, brand Jordan membuat sneaker Air Jordan 1 khusus friends & family untuk retailer ini. Sepasang sneaker yang sangat terbatas ini memiliki warna khas colette, yaitu biru dan putih, dilengkapi dengan logo double dot, tahun 1997 dan 2017 untuk mengingat pembukaan dan penutupan terakhir dari colette.

Shinedown x Air Jordan 1 PE “Attention Attention”

Attention-Attention-Air-Jordan-1-Shinedown.jpgFoto: via. Sneaker Bar Detroit

Harga resell rata-rata: 4,825 dollar AS atau Rp 67,5juta

Rilis spesial ini hanya diberikan khusus untuk kerabat dan keluarga dari band rock asal Jacksonville, Shinedown pada 2018 lalu. Sang gitaris, Zach Myers merupakan kolektor dari retro Jordan. Sneaker F&F ini memiliki warna yang sama dengan “Bred Toe” namun mengganti warna merahnya dengan warna kuning. Kemudian, terdapat cover dari album 'Attention Attention' pada bagian tumit.

Fragment x Air Jordan 1 F&F

MAEKAN-fragment-jordan-1-8757-WEB-02.jpgFoto: via. MAEKAN

Harga resell rata-rata: 4,668 dollar AS atau Rp 65juta

Versi dari friends & family dari Fragment x Nike Air Jordan 1 miliki Hiroshi Fujiwara ini memiliki sedikit perbedaan dibandingkan dengan versi yang dirilis di toko retail secara worldwide. Sedangkan logo fragment berwarna biru yang diemboss pada bagian tumit, versi ini meiliki logo berwarna hitam.

Solefly x Air Jordan 1 “Art Basel Black”

solefly-air-jordan-1-high-og-patent.jpgFoto: via. Sole Collector

Harga resell rata-rata: 3,619 dollar AS atau Rp 50juta

Art Basel Air Jordan 1 ini rilis bersamaan dengan warna “Sail” University of Miami. Air Jordan 1 ini memiliki warna kulit hitam yang kemudian dilapisi dengan warna hijau gelap. Dengan Swoosh berwarna hijau pada bagian lateral, kemudian Swoosh jingga pada bagian medial. Sneaker ini sangat terbatas dan dirilis hanya tersedia di Miami pada saat Art Basel.

Just Don x Air Jordan 1 “BHM”

just-don-x-air-jordan-1-bhm-charity-auctions-01.jpgFoto: via. hypebeast

Harga resell rata-rata: 3,050 dollar AS atau Rp 43juta

Setelah kolaborasinya dengan Air Jordan 2, Don C melakukan kolaborasi lagi dengan Nike yang kali ini berfokus pada Nike Air Jordan 1 yang bertema Black History Month. Air Jordan 1 ini memiliki warna putih yang diikuti dengan pattern pada bagian upper, ditambah lagi dengan aglet tali sepatu yang berwarna emas, dan juga strap ankle yang dapat dilepas. Hanya 39 pasang yang dirilis dan dilelangkan di eBay, membuat sneaker ini juga terbatas.

Spike Lee x Air Jordan 1 “Fort Greene”

fortgreene.jpgFoto: via. StockX

Harga resell rata-rata: 2,727 dollar AS atau Rp 39juta

Spike Lee dan brand Jordan memiliki hubungan yang sudah berjalan cukup lama. Pada tahun 2017, Spike Lee mendapatkan kesempatan untuk mendesain dan merilis sneaker buatannya, yang memiliki warna navy dan hitam dengan logo Spike “Mars Blackmon” pada bagian tumit. Sepatu ini hanya tersedia eksklusif di Fort Greene, Brooklyn.

Air Jordan 1 OG 1985

air-jordan-1-1985.jpgFoto: via. Complex

Harga resell rata-rata: 2,512 dollar AS atau Rp 36juta

Walaupun memiliki umur yang sudah cukup tua, Air Jordan 1 OG ini memiliki harga yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan umur dan statusnya sebagai yang original atau sneaker yang pertama kali dirilis secara keseluruhan, karena kebanyakan Air Jordan 1 sering dire-release, sehingga membuat OG ini cukup mahal.

Off-White™ x Air Jordan 1 “White”

off-white-air-jordan-1-white-aq0818-100-2-1100x676.jpgFoto: via. Le Site De La Sneaker

Harga resell rata-rata: 1,956 dollar AS atau Rp 28juta

Air Jordan 1 yang didesain oleh Virgil Abloh ini memang tidak memiliki warna OG, namun memiliki warna putih, dan memiliki detailing berwarna biru dan jingga pada bagian Swoosh. Walaupun warna ini bukanlah warna dari Air Jordan 1 OG, Air Jordan 1 ini dirilis secara eksklusif di Eropa, yang membuat sneaker ini cukup berharga dari ketiga Air Jordan 1 hasil kolaborasi dengan Off-White™.

Air Jordan 1 “Banned” 2011

Air-Jordan-1-Retro-Banned-2011.jpgFoto: via. StockX

Harga resell rata-rata: 1,363 dollar AS atau Rp 19juta

Warna “Bred” atau black and red dari Air Jordan 1 bukanlah hal yang asing lagi untuk sneaker ini, namun ketika Air Jordan 1 “Banned” rilis yang terdapat logo merah “X” dibagian belakang, membuat sneaker ini lebih berharga dibanding Air Jordan 1 Bred yang biasa. Warna ini awalnya dirilis pada tahun 1985 dan memiliki status yang cukup legendaris karena pada saat itu, sneakers yang digunakan oleh Michael Jordan di-“banned” karena tidak mengikuti aturan dress code yang sudah ditetapkan oleh NBA.

Baca juga: Intip Tampilan Terbaru Toko Louis Vuitton Karya Desainer Virgil Abloh Di New York