200527_shibuya_night.jpgFoto dok: wwd.com

Baru-baru ini, merek asal Prancis, Louis Vuitton, dikabarkan telah membuka toko flagship pertama yang didedikasikan untuk pakaian pria di Miyashita Park, Shibuya-Jepang.

Berbeda dengan pembukaan toko lainnya, gerai khusus pria milik Louis Vuitton ini masih dibuka dengan protokol pengendalian kerumunan dan persyaratan jarak yang aman di tengah pandemi Covid-19. Peminat harus melakukan mendaftar terlebih dahulu melalui laman Louis Vuitton sebelum bisa memasuki toko.

kuning.pngFoto dok: instagram hypebeast

Dengan desain yang modern dan edgy, toko berlantai dua ini akan menawarkan seluruh koleksi pria Louis Vuitton mulai dari aksesori, alas kaki, parfum, baju, tas hingga berbagai barang ekslusif lainnya.

Seperti yang kita ketahui, Louis Vuitton telah melakukan berbagai investasi dalam pakaian pria selama beberapa tahun belakangan ini. Investasi terbesarnya ini pun termasuk mendapuk streetwear specialist, Virgil Abloh pada tahun 2018 lalu sebagai direktur kreatif dari lini pria Louis Vuitton.

Virgil telah melihat banyak keberhasilan di Jepang, di mana negara ini merupakan salah satu yang pertama memiliki akses untuk berbagai desain yang ia luncurkan pada 2019 lalu.

LV.pngFoto dok: Instagram hypebeast

Sang direktur kreatif pun juga membuat debut Louis Vuitton di Tokyo, di mana koleksinya diluncurkan di toko pop-up, bahkan sebelum mereka mencapai jaringan butik global mansion. Tidak hanya itu saja, pop-up store di Tokyo ini sendiri saja meraup penjualan tertinggi dari kolaborasi Louis Vuitton dengan Supreme pada 2017 lalu sebesar 30 persen.

Screenshot at Jul 06 18-56-34.pngFoto dok: Instagram hypebeast

Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai merek mode internasional mulai melebarkan fokusnya terhadap pakaian pria. Menurut sebuah laporan oleh Mordor Intelligence, pasar pakaian pria secara global akan memberikan kontrobusi atau Compound Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 5,7 persen selama periode perkiraan 2020 hingga 2025. Pertumbuhan ini dapat dikaitkan dengan popularitas pakaian streetwear dan athletic-wear yang dapat memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen pria, lebih dari sekedar traditional tailored suit.