Screen Shot 2019-10-04 at 5.47.22 PM.png

Desainer ternama Indonesia, Sebastian Gunawan baru saja merilis koleksi couture 2020 yang bertajuk “Incantesimo”. Bersama sang istri, Cristina Panarese, pemilik label Sebastian Gunawan ini memamerkan koleksi terbarunya lewat fashion show yang bertempat di Hotel Mulia pada awal bulan Oktober ini. “Incantesimo” sendiri merupakan kata yang diambil dari bahasa Italia yang memiliki makna dalam tentang rasa terkesan yang tersirat. 

Secara garis besar, konsep ini diinspirasi dari evolusi gaya hidup yang ada di tahun 1900-an hingga 1930-an. Namun evolusi di bidang arsitektur dan seni menjadi pusat yang melatarbelakangi konsep dari koleksinya ini. 

Screen Shot 2019-10-04 at 5.47.44 PM.png

Untuk desain busana, desainer kelahiran Jakarta ini turut menggunakan konsep arsitektural ke dalamnya. Seperti salah satu gaunnya yang terinspirasi dari desain gedung pencakar langit di New York, Empire State Building. Struktur bangunan dan motif yang geometris dinilai cocok untuk diaplikasikan dalam gaun rancangannya. Dengan menggunakan bahan seperti tulle, beludru, sequence atau jacquard, Sebastian menghasilkan gaun dengan konsep arsitektural. 

Sebastian memperhatikan setiap bahan yang ia gunakan. Seperti bahan tulle yang dirancangnya menjadi lebih ber-volume untuk menciptakan efek konstruktif. Selain tulle, material sequence juga dirombak menjadi gaun dan jumpsuit yang memberikan efek gemerlap. 

Screen Shot 2019-10-04 at 5.47.56 PM.png

Tidak hanya konsep arsitektural, Sebastian juga menampilkan konsep floral. Konsep ini dinilai memberikan kesan feminim dan simbol dari nafas pertumbuhan gaya hidup. Tampilan yang anggun semakin ditonjolkan dari konsep floral ini dengan bantuan teknik embroidery dan kombinasi dengan bahan feathers

Tidak hanya dalam desain busananya, konsep ini juga diterapkan di desain panggung fashion show-nya. Semangat evolusi di masa tersebut ditampilkan dengan dekorasi glasshouse dome, yang dimana juga sebagai representasi evolusi arsitektural pada masa itu. 

Melalui “Incantesimo”, Sebastian dan Cristina membuktikan kepiawaian mereka dalam mengaplikasikan konsep rumit seperti arsitektural ke dalam bentuk desain yang indah. Ditambah dengan desain panggung yang mempresentasikan evolusi gaya hidup dan arsitektural.

Baca juga: Desainer Kimhekim Mendapat Kritik Atas Karyanya di Paris Fashion Week

Tags: Fashion, Sebastian Gunawan, Incantesimo