681ff134-5a2c-4ee0-945d-5db2dfa577d5.jpgFoto dok: highsnobiety.com

Pelelangan sepatu Air Jordan 1s yang digelar oleh Sotheby's berhasil memecahkan rekor pelelangan sepatu kets. 

Sepatu usang berwarna putih dengan aksen merah dan hitam lengkap dengan tanda tangan sang legenda basket, Michael Jordan ini terjual seharga 560.000 dolar AS atau setara dengan RP 8,3 miliar pada Minggu, 17 Mei 2020.

Dikutip dari CNBC, Direktur pengembangan eCommerce Sotheby Brahm Wachter mengatakan harga pelelangan sepatu tersebut melampaui tiga kali dari prediksi harga sebelumnya.

“Mulanya, sepatu yang dirancang pada tahun 1985 khusus untuk Jordan tersebut diharapkan dapat terjual dengan harga 100.000 dolar AS hingga 150.000 dolar AS.”

Diproduksi antara Februari hingga April 1985, Air Jordan 1s digunakan sang legenda basket pada titik penting awal karirnya ketika ia mematahkan kakinya dan kemudian tidak ikut 63 pertandingan selama musim keduanya saat proses penyembuhan.  

Seperti sepatu kets milik Jordan lainnya, daya tarik Nike Air Jordan 1s ini juga terletak pada ukurannya yang berbeda, size 13 pada bagian kiri dan size 13.5 pada bagian kanan serta sisi collar yang ditandangani olehnya dengan spidol hitam permanen tebal.
 
Penjualan sepatu ini juga bertepatan dengan episode terakhir dari film dokumenter ESPN populer tentang Jordan bertajuk ‘The Last Dance.’ Brahm menambahkan bahwa pelelangan ini tidak hanya menunjukkan daya tarik luar biasa dari Michael Jordan sebagai salah satu atlet yang paling dikenal dan legendaris sepanjang masa, tetapi juga menjadi bukti bahwa sepatu sneakers benar-benar merupakan pasar global dan berkembang.
 
Hal ini pun dibuktikan dengan penjualan Nike Air Jordan 1s yang memecahkan rekor lelang dunia untuk sepasang sepatu kets Nike Moon Shoes dari Sotheby’s yang terjual dengan harga 437.500 dolar AS atau setara dengan Rp6,5 miliar pada 2019 lalu. Nike Moon merupakan sepatu rancangan pendiri Nike, Bill Bowerman untuk Olimpiade 1972 dan merupakan 1 dari 12 sepatu lari yang pernah diproduksi.

Nike Air Jordan 1s tersebut dijual oleh kolektor Jordan Geller, pendiri museum sepatu Sneaker Shoezeum, di mana sebelumnya sepatu ini dipajang di Las Vegas. Namun hingga saat ini, Sotheby's masih merahasiakan pembeli sepatu legendaris ini.