kylie (4).pngFoto: Dok. Edward Hutabarat

“Saya tidak setuju jika Ulos dikatakan sebagai kain tradisional, Ulos adalah kain peradaban”

Begitulah penuturan sang maestro perancang busana Indonesia, Edward Hutabarat. Kecintaannya terhadap kain Ulos membuat putra asal Sumatera Barat ini merasa wajib untuk melestarikan dan memperkenalkan kain tradisional tersebut ke panggung dunia. Dalam mewujudkan misinya ini, mengadakan acara fashion show bertajuk “Ulos in Innovation” di The Dharmawangsa Jakarta pada tanggal 17 Oktober lalu.

Di tengah keindahan kolam outdoor The Dharmawangsa Jakarta, sebanyak 50 model berjalan di catwalk dengan balutan kain Ulos indah karya tangan Edward Hutabarat. Acara ini juga semakin spesial karena bertepatan dengan Hari Ulos Nasional yang jatuh di tanggal yang sama (17/10) 

Kain Ulos sendiri memiliki satu tempat spesial di hati desainer yang kerap disapa Edo ini. Sesuai dengan apa yang dituturkannya dalam kalimat pembuka, beliau menganggap bahwa kain Ulos adalah satu kain peradaban yang wajib dicintai dan dilestarikan oleh generasi muda. Secara Ulos tidak hanya kain biasa melainkan satu kain yang selalu ada dalam seremoni penting yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Seperti kelahiran, pernikahan hingga kematian.

Tentu tidak sembarang orang dapat menghasilkan karya yang terbuat dari kain peradaban seperti Ulos dengan sentuhan modern. Edward Hutabarat sendiri sudah dikenal dengan kepiawaiannya dalam menyulap berbagai kain peradaban menjadi satu busana yang megah. Seperti sebelumnya, Edward pernah menyulap kain Batik menjadi satu karya megah yang modern namun tetap berkesan tradisional. Hal inilah yang juga dilakukan oleh Edo pada kain Ulos. 

Untitled design.pngFoto: Dok. Edward Hutabarat

Pemilihan The Dharmawangsa menjadi official venue juga tidak sembarangan. Secara The Dharmawangsa Jakarta adalah satu luxury hotel yang memiliki desain khas Indonesia di setiap sisinya. Hal ini bisa dibuktikan saat pertama kali menginjakkan kaki di lobby hotel, kesan tradisional sudah terasa dengan warna krem yang hangat dan dekorasi khas Indonesia yang sepadan dengan tema dari fashion show-nya ini. 

Baca juga: Sebastian Gunawan Pamerkan Koleksi Couture 2020 Bertajuk Incantesimo

Tags: Edward Hutabarat, Ulos In Innovation, Ulos