Sejak awal tahun 2016, hijab dan modest wear kian berkembang di Indonesia. Tidak hanya di Jakarta saja, kebutuhan busana muslim di Indonesia semakin hari kian meningkat. Tak heran jika para perancang dan pebisnis busana semakin giat membuat pakaian yang banyak digemari masyarakat Indonesia ini. Bahkan, pagelaran mode bergengsi Fashion Nation 13th Edition yang berlangsung bulan lalu juga menampilkan tren modest wear yang bertema ‘Modern Modest’ untuk pertama kalinya. 

Seperti tahun lalu, tren hijab fashion ini mengarah pada busana yang simple, chic, modern dan tentunya stylish saat dipakai. Namun pada ajang Fashion Nation bulan lalu, ketiga designer pakaian muslim ini menunjukkan sisi yang berbeda pada koleksi modest wearnya tahun ini. Siapa sajakah mereka dan seperti apa trennya? Yuk cek disini.

Baca juga: 5 Buku Inspiratif Yang Mengupas Rahasia Sukses Membangun Startup

MERAKI by Restu Anggaraini dan Dewi Melki

RESTU ANGGRAINI (1).jpgphoto: Senayan City 

Menampilkan penggabungan dua style yang berbeda, koleksi Meraki kali ini menawarkan pakaian modest yang colorful, kontemporer dan fungsional. Sebuah karya yang bberangkat dari konsep alam ini adalah salah satu alasan mengapa koleksi ini pantas dijadikan tren. Dalam koleksinya kali ini, Restu kembali memperkenalkan teknologi kain terbarunya yaitu Tech-Shirt dan Climatetech yang mendukung kebutuhan wanita muslim yang aktif.

Tech-Shirt, kemeja dengan teknologi kain Bioshields ini mampu menahan air, minyak dan tanah sedangkan Climatech didesain khusus untuk bottom items seperti celana dan rok yang mampu mengontrol suhu ekstrim agar menjaga tubuh tetap nyaman dalam cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin. Bentuk kolaborasi antara fashion dan teknologi seperti ini juga membuktikan bahwa industri mode di Indonesia sudah tidak dapat dipandang sebelah mata.

Baca juga: CEO Halodoc Jonathan Sudharta, Dari Kapten Timnas Hoki Es Indonesia Hingga Menjadi Pengusaha Startup

Saba by Rani Hatta

SABA by RANI HATTA (2).jpg

photo: Senayan City

Salah satu trend modest wear yang sedang digemari anak muda adalah gaya yang memadukan pakaian olahraga dengan busana muslim yang disebut dengan sporty modest wear. Bertemakan “Essential,” Rani Hatta memadukan model baju ready-to-wear yang simple serta sporty namun terlihat trendy. Sesuai dengan nama koleksinya, Rani Hatta menyuguhkan koleksi daily wear dengan perpaduan item-item yang menjadi kebutuhan paling mendasar bagi para wanita muslim di segala usia. Dengan simple cut, warna dan motif popular, Rani memadukan material yang nyaman dan friendly bagi setiap pemakainya.

 KAMI by Nadya Karina
KAMI (3).jpg

Photo: Senayan City

Tren modest wear kedua yang bisa menjadi bahan inspirasimu adalah koleksi “Paradis” dari KAMI. Crative director dan co-founder KAMI, Nadya Karina menjelaskan bahwa koleksinya terinpsirasi dari simbol awan dan ombak laut yang terdapat pada seni dan budaya kuno di Korea. Dalam koleksinya kali ini, Nadya memadukan bahan brukat dengan potongan dan jahitan serta bentuk layer dengan detail flowy untuk atasan, terusan, rok maupun celana. Dipadukan dengan warna pastel, koleksinya kali ini sangat cocok dipakai untuk acara formal maupun informal. 

Baca juga: 5 Buku Inspiratif Yang Mengupas Rahasia Sukses Membangun Startup