Setiap tahun, tren desain interior selalu mengalami perubahan. Meskipun tahun ini ada beberapa ada tren baru yang muncul, ada juga tren lama yang kembali muncul ke permukaan. Apa saja tren desain interior pada tahun 2019 ini? Yuk, lihat di bawah.

Wabi-Sabi

art-artistic-cabinet-1421023.jpgFoto: Pexels

Ucapkan selamat tinggal pada trend hygge yang telah marak dari tahun 2017. Tren desain interior terbaru tahun ini adalah wabi-sabi. Berasal dari Jepang, wabi-sabi adalah konsep estetika yang artinya keindahan sebiah objek dapat ditemukan pada ketidaksempurnaan yang dimilikinya. Desain wabi-sabi pada dasarnya menggunakan bahan-bahan natural dan sangat sederhana, tetapi menyenangkan untuk dilihat.

Bio-friendly

bed-bedroom-book-916337.jpgFoto: Pexels

Tahun ini, diperkirakan bahwa desain interior akan menuju ke arah yang ramah lingkungan dan membawa penghuni rumah lebih dekat dengan alam karena maraknya biophilia. Desain bio-friendly menggunakan bahan-bahan organik seperti kayu, batu, bambu, dengan sentuhan tanaman.

Memphis

apartment-ceiling-chairs-1571460.jpgFoto: Pexels

Setelah tidak terdengar lagi sejak tahun 1980-an, gerakan Memphis akhirnya kembali muncul ke permukaan dalam tren desain interior tahun ini. Desain Memphis dapat dibilang sangat eksperimental dan menentang status quo dibanding desain interior pada umumnya karena mengurangi mebel dengan ujung lurus dan tajam, serta menekankan lengkungan pada, contohnya, sofa dan kursi.

Maksimalis

apartment-art-chair-1027512.jpgFoto: Pexels

Setelah bertahun-tahun maraknya desain bergaya Skandinavia dan minimalis yang sangat menekankan warna-warna netral dan sederhana, kedua tren ini diperkirakan menurun tahun ini. Sebaliknya, desain maksimalis diperkirakan akan sangat berpengaruh tahun ini. Jangan sungkan untuk menggunakan warna-warna cerah dan pola-pola eksentrik di rumah. Desain maksimalis menekankan bahwa lebih banyak berarti lebih bagus.

Akrilik

apartment-architecture-chair-1571468.jpgFoto: Pexels

Tren lain yang diperkirakan akan mengguncang tahun 2019 adalah penggunaan akrilik dalam desain interior. Meski sedikit, sentuhan akrilik pada interior dapat memberi kesan leluasa dan tidak sesak. Kamu dapat mencoba menggunakan pintu, lemari, atau rak berbahan akrilik untuk membuat ruangan terlihat lebih lapang.

Baca juga:

Tags: 2019, Desain Interior, Tren, Akrilik, Bio-friendly, Maksimalis, Wabi-sabi, Memphis