Tahun ini, design interior mengubah haluan dalam trendnya dan menawarkan tema baru yang akan membuat penghuni jatuh cinta kembali. Meski beberapa adalah trend baru, atau yang kembali dari trend lama, sejumlah juga menggantikan trend pada beberapa saat ini seperti Scandinavian. Apa saja trend interior pada tahun 2019 ini? Baca selanjutnya!

Wabi-Sabi

art-artistic-cabinet-1421023.jpgPhoto: Courtesy of Pexels

Ucapkan selamat tinggal pada trend hygge yang telah marak dari 2017 dan sambut trend favorit terbaru yang akan kamu cintai tahun ini: wabi-sabi. Berasal dari Jepang, wabi-sabi, yang bermula dari silsilah filosofi, berarti mencari keindahan dari kekurangan dan menjadikan prinsip sebagai panduan dalam interior design. Design wabi-sabi pada dasarnya menggunakan bahan-bahan natural dan sangat sederhana namun menyenangkan untuk dilihat.

Desain bio-friendly

bed-bedroom-book-916337.jpgPhoto: Courtesy of Pexels

Pada 2019, diperkirakan bahwa design yang digunakan akan ramah lingkungan dan membawa penghuni lebih dekat dengan alam dikarenakan maraknya akan biophilia tahun ini. Contoh dari trend ini meliputi bahan-bahan organic seperti lantai kayu, batu, bambu, dan sentuhan tanaman-tanaman.

Memphis

apartment-ceiling-chairs-1571460.jpgPhoto: Courtesy of Pexels

Setelah tidak terdengar lamanya semenjak tahun 1980an, gerakan Memphis akhirnya kembali mengguncang trend interior design di 2019. Design Memphis dapat dibilang sangat eksperimental dan menentang status quo dari design interior pada umumnya dengan mengurangi furniture dengan ujung lurus dan tajam dan menekankan lengkungan contohnya pada sofa dan kursi.

Maximalism

apartment-art-chair-1027512.jpgPhoto: Courtesy of Pexels

Setelah bertahun-tahun maraknya tren desain minimalist dan Scandinavia yang sangat menekankan warna-warna netral dan sederhana, tren ini akhirnya diperkirakan menurun tahun ini. Sebagai gantinya, design maximalist diperkirakan akan sangat berpengaruh tahun ini. Jangan sungkan untuk menggunakan warna-warna cerah dan pola-pola eksentrik di rumah. Maximalist menekankan bahwa lebih banyak adalah lebih bagus.

Acrylic

apartment-architecture-chair-1571468.jpgPhoto: Courtesy of Pexels

Trend lain yang diperkirakan akan mengguncang tahun 2019 antara lain ialah penggunaan acrylic. Meski sedikit, sentuhan acrylic pada interior dan furniture dapat menyediakan kesan leluasa dan tidak sesak. Beberapa item yang bisa kamu uji coba menggunakan acrylic adalah pintu, lemari, atau rak.

 

 

Baca juga:

Tags: 2019, Prediksi, Desain Interior, Tren