Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi memberikan dampak dalam berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali dalam perkembangan desain interior. Mulai dari elemen dekorasi, material, hingga gaya turut menjadi pertimbangan untuk mewujudkan rumah yang nyaman dan menyenangkan.

Memasuki 2022, Tatler Indonesia merangkum 8 desain interior yang diprediksi akan menjadi tren di tahun ini. Lalu, desain seperti apa yang akan marak di aplikasikan pada hunian? Berikut ulasannya.

1/8 Multipurpose furniture

multiprpose.jpgFoto dok: Design Cafe 

Tahun ini, cara kerja hybrid masih marak dilakukan. Hal ini tentunya juga mendorong para pekerja yang aktif untuk memiliki ruangan kerja yang efektif dan nyaman. Untuk memaksimalkan penggunaan ruangan, furniture multifungsi akan mempermudah dan memenuhi segala kebutuhan. Mulai dari kursi, meja lipat, stationary trolly hingga sofa dengan fungsi ganda bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan produktivitas.

2/8 High-tech homes

High.jpgFoto dok: Hackrea 

Desain interior terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Tahun ini, kita akan banyak menjumpai berbagai elemen pendukung berteknologi tinggi untuk menciptakan ruangan dengan desain yang imersif. Tidak hanya itu saja, elemen pendukung seperti saklar lampu otomatis, automated humidifier hingga smart lamp akan memberi kesan kontemporer dan futuristik.

3/8 Travel-inspired interior

Travel.jpgFoto dok: Ocean Home Magazine 

Kerinduan akan travelling juga mempengaruhi tren desain interior tahun ini. Dilansir dari Apartment Therapy, travel-inspired interior akan marak dijumpai untuk memenuhi hasrat berpergian tersebut. Tidak hanya itu saja, berbagai furniture brand juga berlomba untuk merilis berbagai produk yang dapat membantu menciptakan ruang kerja atau hunian tampak seperti penginapan saat berlibur.

4/8 Natural and organic elements

Natural.jpgFoto dok: The Ace of Space Blog 

The ability to bring nature into the home has been an ambition that homeowners have strived for during the pandemic. Untuk menciptakan sebuah ruangan yang asri seperti alam terbuka, berbagai furnitur dengan motif alam  maupun tanaman hias bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat.

5/8 Curved Furnishings

Curved.jpgFoto dok: 2Modern

Sculptural dan curved furniture akan mendominasi tren desain interior tahun ini. Bentuknya yang unik memberikan tampilan yang playful dan menawan pada ruangan serta menjadikannya tampak lebih santai. Tidak hanya itu saja, Sculptural dan curved furniture juga bisa menjadi pusat perhatian pada setiap ruangan.

6/8 Warm and neutral colours

neutral .jpgFoto dok: The Spruce

Dari sekian banyak pilihan warna yang ada, warna netral diprediksi akan menjadi tren warna desain interior di tahun 2022. Melansir dari architectureideas.com banyak dipilihnya warna netral bukanlah tanpa alasan. Adanya situasi pandemi yang pada akhirnya membuat banyak aktivitas harus dikerjakan dirumah, membuat warna netral dirasa paling cocok dengan situasi atau suasana yang ada dibanding dengan warna lainnya. Ada beberapa pilihan warna netral yang dapat dicoba seperti krem, putih gading dan abu-abu.

7/8 Sustainable furniture

sustainable.jpgFoto dok: ibuildnew.com.au

Belakangan ini penggunaan bahan berkelanjutan untuk desain interior cukup populer dan menjadi pertimbangan karena bahan material yang digunakan ramah lingkungan. Terlebih kini telah banyak masyarakat yang sadar dan peduli akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, sehingga diprediksi bahan berkelanjutan akan menjadi lebih populer lagi di tahun 2022. 

8/8 Biophilia

biophil.jpgFoto dok: Design Anthology

Diperkenalkan pertama kali oleh Harvard naturalist Dr. Edward O. Wilson, Biophilia menggambarkan kebutuhan manusia untuk terikat dengan alam, di mana pada dasarnya manusia selalu bergantung langsung pada alam untuk kelangsungan hidupnya.

Edward juga menyatakan bahwa manusia akan lebih sehat dalam lingkungan alam baik secara fisik maupun psikologi. Berlandaskan konsep tersebut, munculah istilah desain biophilic yang dihadirkan melalui ruang hijau untuk menunjang kesehatan serta kesejahteraan fisiologis dan psikologis.