Cover.jpgFoto dok: Gloster.com 

Tidak dapat dipungkiri bahwa di tengah pandemi ini banyak sekali dari kita yang mendambakan sebuah ruang terbuka yang dekat dengan alam. Terlepas dari ukurannya yang besar atau kecil, teras saat ini telah menjadi salah satu ruangan yang sangat berharga di sebuah hunian, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan.

Menurut sebuah penelitian, ruang terbuka hijau tidak hanya memberikan dampak positif bagi psikis seseorang tetapi juga berdampak baik terhadap fisik seperti meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi resiko infeksi pernapasan serta pneumonia.

Salah satu kunci untuk memaksimalkan ruang terbuka di sebuah hunian adalah mengoptimalkan tata letak furnitur, tanaman maupun barang-barang berguna lainnya. Dengan prinsip ini, kamu pun juga harus memilih tata letak serta perabotan yang sesuai dengan gaya hidupmu.

Jika kamu merupakan seseorang yang aktif, maka hindari penempatan berbagai furnitur yang mempersempit ruang gerakmu. Sebaliknya, jika kamu gemar memasak atau memilih untuk bersantap di ruang terbuka, maka kamu bisa memilih berbagai furnitur penunjang yang akan melengkapi kebutuhanmu. Bagaimana dengan seseorang yang senang bersantai? Tentu hal ini tidak menjadi masalah, karena ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memberikan kenyamanan yang maksimal tanpa harus mengorbankan tabungan.

Jika kamu sedang berencana untuk mendekor ulang terasmu, berikut lima tips mudah yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan area terbuka di rumahmu.

1/5 Create sense of privacy

1.jpgFoto dok: nordarchitecture.com 

Sama halnya dengan balkon di rumah atau di apartemen, ruang terbuka di dalam rumah merupakan salah satu ruang privasi. Untuk mengoptimalkannya, kamu bisa menambahkan pagar kayu yang dihiasi dengan tanaman merambat, partisi maupun pepohonan. Jika rumahmu lebih rendah dari rumah di lingkungan sekitar, gunakan kanopi atau kerai agar teras lebih teduh. Selain dapat menghalau tampias air hujan atau terik matahari, kamu pun dapat menikmati waktu bersantai tanpa terganggu dari pandangan orang sekitar.

2/5 Choose your plants wisely

2.jpgFoto dok: theplanthunter.com.au

Sejatinya, tidak ada yang salah dengan meletakkan berbagai tanaman pada teras rumahmu. Namun, jika kamu tidak memiliki banyak ruang, pilihlah tanaman yang memiliki fungsi ganda seperti lavender, geranium ataupun marigold. Selain memperindah ruangan, tanaman ini juga memiliki fungsi untuk mengusir nyamuk. Tidak hanya itu saja, kamu pun juga bisa menggunakan terasmu sebagai small vegetable garden yang menghasilkan. Namun, pastikan bahwa tanaman yang kamu pilih mudah dirawat dan tidak memerlukan banyak lahan untuk tumbuh seperti bawang-bawangan, sawi, kemangi, cabai, tomat, maupun mentimun.

3/5 Go for easy – care outdoor furniture

3.jpgFoto dok: sheknows.com 

Kesalahan yang paling sering dilakukan saat menata teras adalah pemilihan furnitur yang tidak didesain khusus untuk ruang terbuka. Saat memilih meja dan kursi atau furnitur pelengkap lainnya, pastikan jika semuanya terbuat dari material yang tahan lama dan juga tahan air. Pilihlah kursi teras atau meja yang terbuat dari kayu, bamboo rotan, ataupun material logam lainnya seperti besi. Selain tahan lama dan tidak mudah lapuk, furnitur berbahan alami akan lebih muda untuk dirawat. Tidak hanya itu saja, saat ini ada berbagai pilihan bahan anti air yang dapat kamu gunakan untuk bantalan kursi maupun decorative throw pillows dengan motif dan warna yang menawan.

Untuk furnitur dan flooring berbasis kayu, kamu juga wajib mengaplikasikan cairan pelindung tahan air dengan menggunakan cat finishing. Namun, pastikan untuk memilih produk yang ramah lingkungan, tidak berbau dan non-toxic yang aman untuk kesehatan penghuni dan juga binatang peliharaan.

4/5 Choose furniture that fits in perfectly

4.jpgFoto dok: mujerjoy.com 

Saat menata teras, pastikan bahwa kamu memahami ukuran dan bentuk dari teras rumahmu. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan bentuk luasan teras agar tatanan ruang terlihat rapih dan seimbang. Untuk sudut teras yang sempit, kamu dapat menyiasatinya dengan meja atau kursi dengan sudut 90 derajat atau memasang floating furniture yang menempel pada dinding untuk menciptakan kesan luas pada terasmu.

5/5 Play with lights

5.jpgFoto dok: loveproperty.com

Ciptakan ruang terbuka yang nyaman dan menyenangkan. Dengan begitu, kamu akan termotivasi untuk menghabiskan waktu lebih lama di luar ruang. Salah satu tips mudah yang dapat dilakukan adalah menambahkan pencahayaan. Untuk suasana yang lebih intimate, kamu bisa menggunakan string light (tali lampu) yang dapat ditempelkan ke dinding maupun dililitkan pada partisi maupun decorative standing light. Untuk menjaga lingkungan, pilih produk dengan tenaga surya atau bohlam bertegangan listrik rendah hemat energi. Selain string light, kamu juga bisa menggunakan smart lighting yang warnanya bisa kamu adjust sesuka hatimu melalui aplikasi yang dapat kamu unduh di ponselmu.