JAIME HAYON PRODUCT PRESENTATION.jpg Photo source: Toto

Sebagai asalah satu area rumah yang paling penting, penataan ruang kamar mandi sangat esensial dalam mendukung fungsi dan kenyamanan. Sebagai salah satu ruangan yang sering dikunjungi oleh anggota keluarga, pemilihan warna, instalasi perangkat, penataan cahaya baik sebagai aksen maupun penerangan utama, merupakan bagian dari keseluruhan tata estetika interior kamar mandi yang harus diperhatikan. Sehingga dapat memberikan kesan artistic yang dapat memberikan kenyamanan.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan desain interior, tren menunjukkan bahwa peran dan fungsi kamar mandi telah bertambah. Area ini kini dirancang untuk mendukung kebutuhan penghuni dalam memanjakan diri. Untuk itu inovasi desain menjadi referensi dan inspirasi penting dalam membangun sebuah ruangan di dalam rumah.

Untuk mewujudkan kenyamanan serta fungsi bagi setiap pelanggan, kali ini Toto menggandeng seniman dan desainer interior asal Madrid, Spanyol, Jaime Hayon. Dalam koleksi ini, desainer berusia 45 tahun ini menggabungkan sistem dan teknologi moderen dengan desain yang mengedepankan kesederhanaan dan kemurnian bentuk.

Karena rancangan kali ini berkaitan dengan fungsi tubuh, inspirasi Toto by Hayon ini datang dari tubuh manusia itu sendiri. Hayon mengatakan bahwa setiap elemen desainnya harus mencerminkan lekuk tubuh manusia.

Konsep penting lainnya dari koleksi ini adalah ide “penuh dan kosong”. Ide “penuh” yang datang dari bentuk tubuh secara utuh, mencerminkan bentuk dari perabot itu; sementara ide “kosong” yang berasal dari kerangka tubuh, dituangkan dalam perangkat keran dan pipa agar fokus pada elemennya sebagai fungsi.

“Bagi saya, proyek ini merupakan sebuah proses dalam menemukan kesederhanaan dari segi desain dan kecanggihan dari segi fungsi. Artinya, perlu ada keselarasan antara sisi visual dan dekoratif dengan sisi fungsi yang efisien. Kedua sisi harus terajut menjadi sebuah desain utuh yang klasik, bertahan dan berkelanjutan,”ujar Hayon.  

0.jpegPhoto source: Toto

Desainer yang dikenal akan keberaniannya dalam menantang kreativitas ini berhasil mendorong batasan-batasan media serta fungsi dan menghasilkan koleksi dan karya yang beragam. Dalam koleksi Toto kali ini, ia pun memadukan kecintaannya terhadap konservasi keterampilan kerjainan yang unik.

Keahliannya dalam menciptakan sebuah seni di luar batas nyaman membuatnya dinobatkan sebagai salah satu dari 100 desainer yang paling relevan saat ini oleh Majalah Times. Di tahun 2003, majalah Wallpaper asal Inggris juga mencantumkan Hayon sebagai salah satu desainer paling berpengaruh. Membuat namanya melambung dalam dunia seni desain interior.

Dikenal akan desain interiornya yang sudah menghiasi hotel dan museum, Hayon yang berpengalaman dengan sederetan produk keramik, kaca, marmer dan kayu ini mengatakan bahwa koleksi terbaru Toto akan mempersembahkan  rangkaian produk desain dekoratif yang memadukan keahlian dan tradisi.

“Karya Hayon telah dikenal di dunia seni dan desain interior. Gaya desainnya yang riang dan gembira selalu memadukan rasa hormat yang tinggi terhadap keterampilan kerajinan,” jelas Tony Suryanto, Marketing Planning Department Manager Toto.

Baca juga: Realrich Sjarief: Arsitek Pelopor Desain Unfinished Di Indonesia