Di bawah ini adalah sejumlah rekomendasi perangkat cerdas yang akan memungkinkan siapa saja untuk berkultivasi kapanpun, di manapun. Berikut ulasannya.
 
1/5 Lüa Smart Planter

 Lua.png

Foto dok: mu-design.lu

Para pecinta tanaman pastinya tahu jika tumbuhan memiliki kepribadian. Batang, dedaunan serta mekarnya bebungaan menjadi indikasi yang menggambarkan keadaan tanaman tersebut.
 
Saat ini, berkat desain yang cerdas, kamu dapat mengubah tanaman hias favoritmu menjadi hewan peliharaan virtual dengan kemampuan untuk mengomunikasikan kebutuhannya. Diciptakan oleh Vivien Muller dari Mu Design, the Lüa smart planter dapat menunjukkan 15 macam emosi animasi yang berbeda berdasarkan perasaan tanamanmu.
 
Selain desainnya yang cantik, Lüa juga memiliki fitur fungsional yang membantu memastikan tanamanmu mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk berkembang. Sensor di dalam pot yang memicu animasi emosi tersebut dapat mengukur kelembaban, paparan cahaya, suhu tanah, dan pergerakkan sehingga kamu tidak akan mendapati tanamanmu mati dan kering.
 
Lüa smart planter juga terhubung ke dalam aplikasi di mana kamu dapat memilih jenis tanaman ataupun menyesuaikan pengaturanmu sendiri. Selain itu, aplikasinya akan bekerja bahkan ketika telpon genggammu dalam keadaan offline. Tidak hanya itu, Lua juga me jadi alat interaktif yang menyenangkan untuk membantu anak-anak memahami cara merawat tanaman.
 
2/5 Nthing Planty

planty2.jpgFoto dok: cnet.com 

Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu di rumah, Nthing Planty merupakan teknologi yang tepat untuk membuat tanamanmu tetap hidup dan sehat. Pot tanaman yang dirancang dengan baik dan terhubung dengan WiFi ini akan memantau dan menyirami tanamanmu secara otomatis kapapun dibutuhkan. Dilengkapi dengan aplikasi smartphone, para pengguna juga dapat menerima pemberitahuan push real-time mengenai kelembaban tanah, suhu dan paparan cahaya. Dengan memencet satu tombol saja, semua kebutuhan tanamanmu dapat terpenuhi. Jika kamu seorang pemula, aplikasi ini juga menyediakan tips dari para petani profesional mengenai cara merawat tanaman yang baik dan benar
 
3/5 Vincross Hexa

vincross.jpgFoto dok: theverge.com

Air, matahari, suhu yang tepat — ada banyak elemen yang memastikan tanaman rumah kita memiliki kehidupan yang sehat. Jika kamu memiliki sedikit akses terhadap matahari di dalam rumah, Vincross Hexa merupakan solusi yang tepat. Berbentuk seperti laba-laba, robot berwarna hitam dan putih ini dirancang untuk mencari matahari, menemukan tempat teduh serta mencari air ketika tanamanmu membutuhkannya.
 
4/5 The Smart Garden

smart garden.pngFoto dok: cdn.shopify.com 

Jika kamu tidak memiliki tanah yang cukup luas untuk menanam tumbuhan, maka The Smart Garden dapat sangat membantu. Memiliki fitur smart soil yang terinspirasi dari NASA, teknologi ini dilengkapi dengan sistem budidaya yang cerdas, tangka air built-in dan lampu yang dapat membantu menumbuhkan berbagai macam tumbuhan hijau seperti sayuran, bumbu dan bunga. Perangkat meja dapat secara konsisten menghadirkan hidangan nabati tanpa memonopoli banyak ruang dapur yang berharga.
 
5/5 Niwa

niwa.jpgFoto dok: criticalcactus.com

No soil, no worry! Jika kamu senang bertanam namun tidak memiliki banyak waktu, Niwa dapat menjadi solusi. Sistem taman dalam ruangan yang tidak membutuhkan media tanah sama sekali ini juga bisa menjadi hiasan yang cantik dalam rumah. Perangkat yang sepenuhnya hidroponik ini memiliki ruang tumbuh yang dikendalikan iklim, irigasi otomatis, dan pencahayaan hemat energi, dan mampu menanam buah dan sayuran termasuk stroberi, tomat, paprika, terong dan sayuran berdaun hijau. Pengguna dapat mengontrol dan mengawasi tanaman mereka dengan aplikasi pendamping Niwa yang sangat mudah untuk dioperasikan. Tidak hanya itu saja, pengguna juga dapat memilih tanaman yang mereka inginkan dan menciptakan lingkungan dalam inkubator yang tepat untuk tanaman mereka. Sepanjang proses budidaya, pengguna akan dapat mengikuti perkembangan buah dan sayuran mereka melalui pengalaman aplikasi yang mendalam.