Tanpa judul3.jpg

 Foto:Dok OWIU Design/tatlerasia.com

Ketika aktor Henry Golding bersama sang istri yang juga seorang wellness entrepreneurship, Liv Lo, pindah ke Los Angeles, mereka harus membangun semua dari awal termasuk merenovasi rumah mereka saat ini. Bagian rumah yang amat dinantikan keduanya adalah sebuah halaman belakang yang nyaman dan penuh kehangatan. Namun, di waktu yang bersamaan, mereka bisa menghabiskan waktu secara individu. Henry dan Liv juga memikirkan tumbuh kembang putri kecil mereka, Lyla, yang sedang dalam fase aktif.

Pilihannya saat itu jatuh kepada OWIU, sebuah firma arsitek dari Singapura yang dikepalai Amanda Gunawan dan Joel Wong. Mereka berempat berteman cukup dekat, sehingga Henry & Liv memutuskan untuk menggunakan jasa Amanda & Joel. Untuk rumah keluarga Golding, OWIU mendeskripsikannya sebagai “rumah California klasik yang sempurna untuk keluarga mereka”. Mereka juga mempertimbangkan gaya hidup, ruang gerak masing-masih anggota, dan selera. Mari lihat lebih jauh hasil dari renovasi rumah Henry Golding & Liv Lo. Siapa tahu, desain rumah tersebut bisa memberimu ilham untuk gaya baru di rumahmu.


1/5 Kombinasi elemen alam
1 (1).PNG

Foto:Dok OWIU Design/tatlerasia.com

Kombinasi antara kayu solid, plester putih, dan marmer hijau, menjadi kunci dari tim OWIU Design dalam merancang taman belakang rumah Henry. Kayu solid sengaja dipilih sebagai bahan utama karena tampilannya yang menyatu dengan alam sekitar. Plester putih menjadi warna penyambung antara ruang dalam rumah dan taman. Warna hijau untuk marmer juga sengaja dipilih sebagai penyeimbang antara warna coklat dan putih. Kebetulan, hijau juga warna favorit Henry.


2/5 Area untuk kumpul keluarga
2 (1).PNG

Foto:Dok OWIU Design/tatlerasia.com

Henry sempat meminta untuk dibuatkan sebuah tempat di mana Ia bisa mendapatkan hiburan sekaligus memasak. Tim kemudian mendesain sebuah area tempat duduk, lengkap dengan dapur yang berbahan batu dan stainless steel. Tempat duduknya menggunakan kursi kayu dan dibentuk dengan lengkung khusus mengelilingi pit di tengahnya. Dengan desain seperti ini, menjadikan area komunal tersebut cocok digunakan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga dan sahabat. 


3/5  Tempat pemandian air panas privat
3 (1).PNG

Foto:Dok OWIU Design/tatlerasia.com

Di sudut lain dari halaman belakang ini terlihat sebuah area spa di luar ruangan, yang dilengkapi dengan hot tub dan pancuran. Area ini terinspirasi dari ryokan Jepang, dengan dominasi penggunaan kayu yang substansial, sehingga memancarkan suasana yang tenang. Pemilihan material kayu juga sengaja dilakukan karena lebih tepat untuk menggambarkan sesuatu yang alami. Pada bagian atapnya, kayu-kayu panjang dibuat saling silang, memungkinkan pencahayaan alami masuk dan memberi bayangan simetris yang indah.


4/5 Area dapur luar ruangan

Untuk di sisi lain, area barbekyu, didesain dengan mengikuti kebiasaan dan harapan Henry sehari-hari. Henry sendiri merupakan sosok yang gemar memasak dan menjamu para tamunya, sehingga Ia pun langsung menyetujui desain yang ditawarkan saat itu. Desain area barbekyu dibuat dengan intim dan lebih leluasa. Henry dapat melakukan beberapa pekerjaan sekaligus seperti memasak, menjamu, dan membersihkan rumah. Di waktu senggang, area ini digunakan Henry untuk bercengkrama dengan Lyla.


5/5 Tempat bermain
no5.png

Foto:dok OWIU Design/tatlerasia.com

Liv juga memberi masukan untuk rancangan rumah dan taman belakang impiannya. Ia menginginkan sebuah tempat di mana putrinya yang sedang di fase aktif, dapat berjalan dengan leluasa dan tetap aman. Lyla baru saja memasuki fase yang penting bagi anak seusianya. Selain itu, Liv juga menginginkan sebuah area kecil tapi cukup luas untuknya berlatih pernapasan dan yoga.