indoor.jpgFoto dok: unsplash.com/@louishansel

Selain memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dari berbagai polutan berbahaya dan mempercantik ruangan, lima tanaman hias ini juga aman untuk anak-anak. Jika kamu seorang ibu yang memiliki anak kecil dan sedang gemar berkebun, berikut rekomendasi tanaman yang kami rangkum untuk referensimu.

1/5 Bunga Azalea

azalea.jpgFoto dok: jacksonandperkins.com 

Seperti namanya, tanaman yang mampu menyerap aneka polutan berbahaya ini memiliki warna bunga yang beraneka ragam. Bentuk daunnya yang kecil-kecil dan tak berduri membuat tanaman ini digemari oleh ibu rumah tangga yang gemar berkebun atau bercocok tanam di dalam rumah.

2/5 Karet Merah

rubber.jpgFoto dok: unsplash.com/@mensroom 

Tanaman karet merah atau yang kerap dikenal dengan karet kebo merupakan salah satu tanaman yang tidak hanya mampu membersihkan udara, tetapi juga baik untuk kesehatan dan ramah anak. Selain mudah dirawat, tanaman karet merah juga tidak memerlukan banyak sinar matahari untuk berfotosintesis. Kamu pun cukup mengeluarkannya seminggu sekali saja. Pada sisi pemenuhan gizi tanah pada pot, Karet Kebo juga tidak rewel. Ia cukup senang dengan pupuk dalam jangka bulanan. Sedangkan kebutuhan airnya terkadang hanya 3-5 hari siram.

3/5 Tanaman Jade

jade.jpgFoto dok: unsplash.com/@karaeads

Jade Plant atau tanaman hias giok merupakan jenis tanaman hias yang cukup unik dan cantik. Selain ramah anak, tidak banyak yang tahu bahwa bung aini dipercaya dapat memberikan keberuntungan kepada pemiliknya. Berasal dari hutan hujan tropis khas Afrika Selatan, tanaman ini memiliki bunga yang menjuntai kebawah dan berwarna seperti giok yang tembus cahaya. Daunnya yang tebal dan halus juga merupakan salah satu faktor mengapa tanaman ini banyak digemari oleh pecinta tanaman sukulen.

4/5 Spider Plant

spider.jpgFoto dok: thespruce.com 

Selain memiliki kemampuan untuk meredam polutan dalam ruangan seperti formalin dan xilena, Spider Plant juga merupakan tanaman hias yang ramah anak. Dengan tekstur daun yang halus dan juga lemas, membuat tanaman ini tidak berbahaya jika disentuh. Karena tanaman ini dapat menyaring udara secara alami, kamu pun dapat meletakkannya di dalam maupun di luar ruangan dan tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan khusus yang ekstensif.

5/5 Peace Lily

lily.jpgFoto dok: thespruce.com 

Dikenal sebagai salah satu tanaman hias yang paling ampuh untuk membersihkan udara, peace lily (Spathiphyllum 'Mauna Loa') atau juga dikenal sebagai lili perdamaian, dapat menjadi pilihan terbaikmu untuk mendapatkan udara yang bersih di rumahmu sendiri. Hasil penelitian NASA mengungkapkan jika tanaman ini dapat membersihkan benzene, xylene dan ammonia dari udara. Selain bunganya yang indah, tanaman ini juga ramah anak, sehingga kamu tidak perlu takut untuk meletakkannya di dalam rumah.