ab5afc96-7503-432c-8abf-e76e55ddd8a7.jpgFoto dok: homesandproperty.co.uk

Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi yang terjadi di tahun 2020 memberikan dampak dalam berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali dalam perkembangan desain interior. Mulai dari elemen dekorasi, material, hingga gaya turut menjadi pertimbangan untuk mewujudkan rumah yang nyaman dan menyenangkan di tahun selanjutnya.

Memasuki tahun baru, Tatler Indonesia merangkum 6 desain interior yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2021. Lalu, desain seperti apa yang akan marak di aplikasikan dan tren apa yang sesuai dengan kepribadianmu? Berikut ulasannya.

1/6 Navy Blue akan menjadi tren warna 2021

navy.jpgFoto dok: thetimes.co.uk

Warna biru gelap atau navy blue diprediksi akan menjadi tren warna favorit pada tahun 2021. Memberikan kesan yang tenang dan elegan, warna navy juga memberikan kesan misterius nan klasik. Meski tidak mudah di aplikasikan pada setiap ruangan dan dikombinasikan dengan warna-warna vibran, warna navy blue dapat menghadirkan kesan ‘Scandi Noir’ dan maskulinitas yang apik pada sebuah ruangan. Selain wallpaper, koordinasikan elemen pelengkap seperti furniture, silverwares dan decorative pieces dalam warna-warna earth tone. Untuk menghindari ruangan terasa gelap dan tak berdimensi, pilih wallpaper dengan motif elegan dan minimalis seperti Blue Swirl Watercolor atau motif sederhana dalam warna keemasan.

2/6 Minimalist Art

minimalist art.jpgFoto dok: ldowningscott.com

2021 is all about elegance and minimalist. Untuk dekorasi ruangan, kamu dapat memilih lukisan atau wall decoration yang berpadu sempurna dengan tema warna ruangan. Gaya hidup minimalis yang terinspirasi dari Scandinavian homes akan mendorong kita untuk membeli barang-barang yang indah dengan fungsi yang maksimal. Tahun ini, line arts akan mendominasi berbagai ruangan seperti halnya apresiasi terhadap fotografi hitam putih yang sederhana dan menggugah pikiran. Sedangkan pada wallpaper, mural tinta minimalis Jepang akan menjadi trend yang perlu diperhatikan.

3/6 Warna netral akan semakin digemari

neutral.jpgFoto dok: home-designing.com

Selain warna navy blue, warna-warna netral seperti beidge, kobalt, zamrud, kuning mustard dan oranye diprediksi akan menjadi tren yang mendominasi. Desainer Gil Melott mengatakan bahwa warna-warna ini akan memberikan kesan hangat dan homey pada desain interior rumah. Di tengah pandemi, banyak orang menghabiskan waktu bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Oleh karena itu, warna-warna ini akan memberikan sensasi seperti berada di alam terbuka.

4/6 Tanaman Indoor

indoor plants.jpgFoto dok: ft.com

Adanya pandemi di tahun 2020 ini nampaknya akan membuat banyak orang tersadar akan pentingnya area hijau di rumah. Pada tahun 2021, tren nuansa alami atau natural pada hunian nampaknya akan semakin digemari. Salah satu cara untuk membawa suasana menenangkan dan segar, penempatan tanaman indoor akan lebih marak diterapkan. Selain itu, mendidikasikan satu spot di rumah untuk tanaman hijau akan mengurangi stress dan memberikan nuansa sejuk yang alami.

5/6 Ruangan multifungsi

multifunction.jpgFoto dok: dhoumm.com

Adanya pandemi mengakibatkan banyak orang untuk memaksimalkan ruangan di rumah sebaik mungkin untuk bekerja, berolahraga, belajar serta melakukan aktivitas lainnya. Untuk mengurangi stress, menciptakan hunian ruang multifungsi yang nyaman merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Pada tahun 2021 nanti, bukan hal aneh lagi jika kamar atau ruang keluarga memiliki fungsi lain seperti home office atau workspace tanpa kehilangan fungsi utamanya. Seiring dengan desain minimalis yang diprediksi akan menjadi tren di tahun depan, ruang multifungsi akan sangat sesuai bagi kamu yang memiliki hunian mungil.

6/6 Gaya Industrial

Industrial.jpgFoto dok: home-designing.com

Tren ruang multifungsi turut membawa gaya industrial menjadi tren desain interior 2021 nanti. Gaya industrial cocok untuk para milenial yang menyukai ruang terbuka, multifungsi, dan kontemporer. Gaya ini juga tampak harmonis jika disandingkan dengan sentuhan natural maupun earthy tone.