Eco House saat ini mulai banyak dibangun. Terutama karena kesadaran dunia akan perlunya sustainability dalam segala aspek kehidupan, termasuk rumah tempat kita tinggal. Ketika membahas rumah ramah lingkungan, penting untuk dipahami bahwa istilah tersebut dapat digunakan secara luas untuk menggambarkan rumah apapun yang saat pembangunannya mengutamakan keberlanjutan dan mengurangi masalah lingkungan di garis depan desainnya. Mulai dari menambahkan teknologi terbarukan, bahan baku yang digunakan, sampai isi rumah saat jadi. Beberapa contoh eco houses berikut ini akan membuka cakrawala baru akan indahnya hidup didalam sebuah rumah yang tidak merugikan lingkungannya.
1.The Meera Sky Garden House, Singapura
01-Meera-Sky-Garden-House-Cove-Grove-Sentosa-Island-Singapore.jpg

Foto:Dok.thepinnaclelist.com

Rumah ramah lingkungan yang menakjubkan ini memanfaatkan atap hijau, dengan taman di setiap tingkat. Tidak hanya terlihat indah, tetapi juga dirancang untuk memiliki banyak ventilasi alami, sehingga tidak memerlukan AC dan mengurangi penggunaan listrik dalam kesehariannya.
2.The Memo House, Buenos Aires 

Rumah MeMo diciptakan untuk memiliki dampak minimal pada alam dan memaksimalkan ruang hijau di dalam properti. BAM! Arquitectura menciptakan taman tiga dimensi yang yang indah. Di sini, landscape alami dibuat melalui setiap lantai rumah, sehingga menciptakan teras taman yang luas. Dibangun dengan landasan ‘kesehatan’ sebagai inti utamanya, MeMo House mengoptimalkan cahaya alami yang baik untuk kesehatan penghuninya di pagi hari, menghemat listrik karena tidak memerlukan pencahayaan berlebih dan menciptakan pemandangan taman yang berkelok-kelok secara terbuka. Rumah indah berlokasi di Argentina bersertifikat LEED ini menggabungkan teknologi air limbah dan panel surya yang diposisikan secara optimal untuk memenuhi kebutuhan energinya.

3.Long Island Eco House, New York

Rumah ini benar-benar telah mencuri hati. Bayangkan: sebuah rumah ramah lingkungan di lokasi yang indah di kota New York. Keindahan susunan pepohonan dan fauna alami yang ada di area rumah tersebut memberikan pemandangan indah bagi penghuninya. Menggunakan bahan-bahan semen yang tidak memerlukan cat tembok memberikan kesan industrial yang indah. Sistem pencahayaan alami, dan letak kolam renang yang memanjang ke area taman memperindah properti ini.
4.Logie Point, Perancis

#4 (archDaily).jpeg

Foto:Dok.archdaily.com

Terletak di tanjung yang menakjubkan di dekat pantai utara Perancis – Logie Point adalah proyek perumahan yang dirancang oleh Guz Architects. Berdirilah dua rumah yang terlihat seperti 'tumbuh' dari tanah miring. Rumah ini memiliki natural swimming pool tanpa menggunakan chlorine, melainkan menggunakan alang-alang sebagai sistem filtrasinya. Ruang tamu utama juga memiliki atap melengkung dengan sel fotovoltaik (energi surya) yang tertanam di dalamnya. 

5.W.I.N.D House, Netherlands

#5 (eliteraveler.com).jpegFoto:Dok.archdaily.com

Rumah keluarga yang indah ini adalah contoh utama bagaimana desain ramah lingkungan dapat bekerjasama dengan kehidupan modern. Dirancang oleh UNStudio dan dibangun di pinggiran sebuah desa di utara Belanda, W.I.N.D House terletak di atas bukit dan memiliki hutan daerah sekitarnya. 

Keberlanjutan telah diintegrasikan ke dalam desain W.I.N.D sejak awal: rumah ini memiliki pompa panas udara/air pusat dengan sistem pemulihan panas limbah, panel surya, dan bahan-bahan alami yang digunakan untuk pembangunan, termasuk lapisan perekat menggunakan tanah liat. Properti ini juga dianggap sebagai 'rumah pintar' – memiliki sistem otomatisasi rumah lengkap yang berarti semuanya dapat dikontrol dari layar sentuh pusat di ruang tamu.