joe.jpgFoto dok: independent.co.uk

Selain berkarir di dunia politik dan bekerja di public offices, Joe Biden juga memiliki ketertarikan pada real-eastate. Dalam autobiografinya berjudul “Promises to Keep” di tahun 2017, Joe mengatakan bahwa sejak SMA ia sudah terobsesi dengan dunia properti. Pada saat usianya menginjak 20 tahun, Joe dikabarkan mulai membeli rumah. Saat ini, ketika ia menjabat sebagai presiden AS diusianya yang ke-77 tahun, Joe memiliki asset sebesar 9 juta dolar AS atau Rp128 miliar. Lalu properti apa saja yang ia miliki? Berikut ulasannya. 

1/4 Former Home, Greenville, Delaware

former.jpgFoto dok: housebeautiful.com

Rumah seluas 929 meter persegi ini merupakan rumah pertama Joe dan almarhum istri pertamanya, Neilia Biden. Di rumah inilah ia dan Neilia membesarkan anaknya. Namun, pada tahun 1972, sang istri dan putrinya mengalami kecelakaan yang menewaskan keduanya. Setelah menikah dengan Jill, Biden pun mulai meniti karirnya dan mencalonkan diri sebagai presiden AS. Sayangnya, ia membatalkan niatnta dan kembali mencalonkan diri setelah 3 dekade kemudian. Pada tahun 1996, ia pun menjual ruamah penuh kenangan ini seharga 1,2 juta dolar AS atau Rp17 miliar.

2/4 Main House, Greenville-Delaware

mansion.jpgFoto dok: townandcountrymag.com 

Pasangan Joe Biden dan Jill Biden diketahui membeli rumah mewah seluas 1,6 hektare pada tahun 1996 silam. Berlokasi di tepi danau di pinggiran kota Wilmington, rumah ini berdiri di atas lahan seluas 636-meter persegi seharga 350.000 dolar AS (Rp4,9 miliar). Dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah, rumah ini juga menyimpan banyak kenangan sang Presiden US bersama dengan almarhum anaknya Beau Biden. Pada tahun 2015 lalu, ia ingin menjual rumah tersebut untuk biaya pengobatan Beau. Namun, Presiden Barack Obama melarangnya dan menawarkan bantuan pinjaman.

3/4 Rehoboth Beach House, Delaware 

rehoboth.jpgFoto dok: wboc.com

Joe Biden juga diketahui memiliki rumah di Rehoboth Beach, sebuah kawasan tepi pantai di negara bagian Delaware. Dibeli pada musim panas tahun 2017 lalu, rumah mewah senator negara bagian Delaware dari tahun 1973-2009 ini memiliki tiga lantai dan enam kamar tidur yang semuanya menghadap ke Samudra Atlantik. Rumah seharga 2,7 juta dolar AS (Rp38 miliar) ini juga dilengkapi dengan halaman belakang untuk menjamu para tamu, beranda mewah, dapur outdoor dan fasilitas seperti gym pribadi dan home theatre.

4/4 McLean House, Virginia 

virginia.jpgFoto dok: urbanturf.com

Setelah mengakhiri masa jabatannya sebagai Wakil Presiden AS dari tahun 2009 hingga 2017 bersama Barack Obama, Joe dan Jill sempat tinggal di sebuah rumah McLean yang berada di negara bagian Virginia. Berbeda dengan rumah sebelumnya, Joe dan Jill dikabarkan hanya menyewa rumah di kawasan elit ini dan dikabarkan membayar biaya sewa sebesar 20 ribu dolar AS atau Rp284,4 juta per bulan. Tidak hanya memiliki pemandangan indah, kawasan mewah ini juga dihuni oleh para senator, hakim tinggi, diplomat dan para pejabat pemerintahan AS. Hunian mewah seluas 1.114 persegi ini dilengkapi dengan lima kamar tidur, gym pribadi, sauna, dan juga area parkir yang memuat lebih dari 20 mobil.