jason glen.jpg Foto dok: architecturaldigest.com

Selain piawai dalam berakting, aktor Jason Statham juga memiliki ketertarikan pada arsitektur dan desain interior. Ide kreatifnya ini ia tuangkan pada rumah barunya yang berlokasi di Rising Glen Road, Los Angeles-Amerika Serikat.
 
Bekerja sama dengan arsitek Jeff Allsbrook dari Standard Architecture, hunian bergaya abad pertengahan tersebut memiliki desain interior modern yang didominasi dengan warna netral seperti putih, hitam dan coklat. Dilengkapi dengan empat kamar tidur dan tiga kamar mandi, huniannya juga dilengkapi dengan gym pribadi, ruang kerja, spa serta sauna lengkap dengan pemanas dan bak rendam baja stainless untuk pemandian es.

 ruang tamu.jpgFoto: essentialhome.eu

Dilengkapi dengan jendela besar tanpa korden di setiap sudut rumahnya, Jason mengatakan bahwa ia ingin memberi kesan hangat dimana ia dan keluarganya dapat menikmati sinar mentari di pagi dan sore hari. “Interior rumah ini didesain sebagai tempat istirahat yang tenang dan minimalis yang jauh dari hingar-bingar kehidupan kota,” ucapnya pada salah satu wawancarnya dengan Architectural Digest

Untuk perabotan dan interior desain, Jason mempercayakannya pada desainer interior Courtney Applebaum untuk menciptakan palet netral warna putih dan warna tanah, dengan tekstur dalam bentuk sofa kulit dan kursi, serta meja kayu yang kokoh.
 
Setiap ruangan juga dilengkapi dengan kamar mandi berukuran sederhana yang dirancang sendiri oleh Statham sebagai penghormatan kepada salah satu arsitek favoritnya, John Pawson. Warna abu-abu juga di implementasikan ke dalam desainnya tanpa memberi kesan dingin, terutama karena cahaya matahari menyapu seluruh ruangan dari balik jendela kaca besar.

spa.jpgFoto dok: Shade Degges

Selain ruang utama dan kamar tidur, ruang makan juga didesain sesederhana mungkin dan menghilangkan batasan antara rumah dengan taman belakang dengan rolling door kaca berukuran besar. Jason mengatakan bahwa menyatu dengan alam memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan pikiran. “Pintu kayu memberikan kesan yang sempit dan ekslusif dan sinar matahari adalah hal terpenting bagi saya. Oleh karena itu, pintu kaca memberikan kesan terbuka yang ramah.”
 
Jason Statham’s Malibu Beach House

Jason Malibu House.jpgFoto dok: Architecturaldigest.com

Sebelum menempati rumah barunya ini, Jason dan pasangannya, Rosie Huntington menempati sebuah rumah di pinggiran pantai Malibu yang bergaya klasik dan minimalis. Pada Oktober tahun lalu, mereka sepakat untuk menjual rumah seluas 3.909 kaki persegi itu dengan harga sekitar 18,5 dolar AS atau setara dengan Rp272 miliar.
 
Tidak dapat diragukan lagi jika Malibu merupakan surga bagi para pecinta laut dan matahari terbenam. Dengan berbagai fasilitas mewah dan kehidupan malam yang selalu menarik perhatian, Malibu juga merupkan kota pinggir pantai di mana para artis Hollywood tinggal.
 
Bagi aktor asal Inggris tersebut, Malibu memberikan kenangan manis tersendiri. Pada salah satu wawancaranya, ia mengatakan bahwa membeli properti di pinggir pantai mengingatkannya akan masa kecil dimana ia sering menghabiskan waktu di pantai dengan keluarganya.
 
“Berjalan di tepi pantai, menikmati udara segar di pagi hari dan kehidupan tepi pantai yang begitu tenang membuat saya jatuh cinta pada Malibu.” “Dari sekian banyak rumah yang saya datangi, Malibu merupkan satu-satunya kota yang membuat saya jatuh cinta,” tambahnya.
 
Dibeli pada 2009 lalu, rumah seluas 363 meter persegi tersebut dilengkapi empat kamar tidur dan empat kamar mandi yang lengkap dengan perabotan abad pertengahan Denmark. Pada bagian interiornya, aktor berusia 52 tahun ini memilih warna netral yang memberikan kesan hangat dan menenangkan.

Deck jason.jpgFoto dok: themostexpensivehomes.com

Ruang utama dihiasi dengan jendela tinggi hingga kelangit-langit, memberikan akses bagi sinar matahari untuk menyapu ruangan di pagi dan sore hari. Dengan jendela menghadap langsung ke pantai, ruang utama juga didesain menyatu dengan alam melalui teras dek berlantai kayu jati Burma.
 
Berbagai perabot rumah seperti sofa dan meja juga didesain senatural mungkin dengan mengusung warna putih, coklat dan abu-abu dengan elemen kayu dan karpet berbulu yang memberi kesana homy dan cozy. Tak jauh dari ruang tamu, terdapat lounge yang nyaman dengan perapian batu bata besar yang dihiasi dengan potongan kayu serta rak tinggai berwarna hitam yang menyatu dengan desain minimalis tersebut.

kamar tidur Jasson.jpgFoto dok: robbreport.com

Seperti ruangan lainnya, empat kamar tidur dalam hunian ini juga mengangkat desain minimalis dan jendela besar serta nuansa berwarna putih yang dipresentasikan melalui linen dan elemen kayu ek dari Belgia pada bagian lantai. Terdapat juga teras atau koridor yang menghadap langsung ke tepi pantai. Selain kamar tidur, hunian bernilai 10.95 juta dolar AS atau setara dengan Rp162 miliar ini juga dilengkapi dengan kamar mandi luar tanpa atap di setiap kamarnya. “Saya ingin memberikan kesan yang ramah dan hangat pada setiap ruangan,” ujarnya. Tidak hanya mengingatkannya pada memori masa kecil, hunian tepi pantai ini juga memiliki banyak kenangan akan dirinya dan pasanganya, Rosie Huntington.