868ffdb3047fce7d3c8c9c106e27e988_Screenshot-2019-06-28-at-09.01.57.pngPhoto Doc. DailySocial

Penggalangan dana dari angel investor, akselerator, atau venture capitalist meupakan bagian yang yang sangat esensial dalam suatu proses pengembangan startup. Untuk menjalankan proses penggalangan dana tersebut memerlukan serangkaian dokumen legal untuk mengatur investasi yang akan ditanam, menjamin kenyamanan berinvestasi para investor dan mengatur tata kelola yang baik dari perusahaan startup yang didanai. Namun, dokumen legal itu sendiri tidak sederhana untuk dapat dipahami para founders yang kebanyakan masih awam dalam hal tersebut dan hanya bisa dipahami maupun dinegosiasikan oleh ahli hukum sendiri.

Namun, para startup founders dan investor sekarang tidak perlu khawatir lagi. Untuk mempermudah para founders, Aksara Nusantara yang baru-baru ini diluncurkan oleh Makes & Partners Law Firm hadir sebagai sarana untuk melancarkan aspek dokumentasi legal untuk startup yang sedang berada di tahap awal pengembangan. Aksara Nusantara, singkatan dari A Kit of Standard Startups Agreements, merupakan satu set template dari sejumlah dokumen hukum yang merupakan referensi umum dalam proses penggalangan dana dari sebuah startup.

Para founders yang sedang berada di tahap awal dalam mengembangkan usahanya perlu mengetahui tentang hal ini. Berikut empat manfaat Aksara Nusantara untuk solusi penggalangan dana startup-mu.

Time and Cost Efficient

12.06+2017+-+Save+time+and+money,+cost+efficient.jpgPhoto Doc. Cumberland Buildings

Aksara Nusantara terdiri dari beberapa template umum: Term Sheet, Share Subscription Agreement, Shareholders’ Agreement, Convertible Note Agreement, dan Pledge of Shares Agreement. Semua template ini dapat diakses dan diunduh secara gratis oleh seluruh startup, akselerator, venture capital, dan calon investor untuk keperluan startup fundraising yang dijalaninya.

Dengan adanya template yang disediakan Aksara Nusantara, baik founder dan investor dapat menghemat waktu dan biaya dalam pembuatan dokumen legal yang diperlukan. Hanya dengan menyesuaikan template dengan kebutuhan startup dan investor dengan arahan dari tim legal, kedua belah pihak dapat menyerap dana yang diprioritaskan secara maksimal untuk keperluan pengembangan bisnis startup tersebut.

Melindungi Hak-Hak Founder

document-428336_1280.jpgPhoto doc. iPleaders Blog

Aksara Nusantara juga membantu menjembatani kepentingan investor dan juga melindungi hak-hak founder. Panduan yang ada di dalam Aksara Nusantara dapat membantu founder yang awam dengan aspek legal untuk terhindar dari kesepakatan yang berisi ketentuan-ketentuan yang sebenarnya merugikan mereka.

Menjamin Kepastian dan Keamanan Para Investor

corporate-deal.jpgPhoto Doc. lopartners

Dalam template Shareholders’ Agreement, kepastian dan keamanan para investor sudah terjamin dengan adanya penetapan hak dan kewajiban para investor serta opsi bagi para investor untuk dapat mengundurkan diri dari perusahaan startup tersebut. Panduan ini juga akan sangat membantu para investor pemula yang baru berkecimpung dalam dunia investasi untuk mendapatkan kesepakatan yang memuaskan.

Dapat Digunakan Untuk Menggandeng Investor Lokal dan Luar Negeri

dis-ticaret.jpgPhoto Doc. masterakademi

Semua template dari Aksara Nusantara telah disesuaikan dengan hukum Indonesia dan tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dengan ini, selain menggandeng investor lokal, para founders juga dapat melakukan international fundraising untuk mengembangkan startup-nya.