Grand Slam atau pertandingan akbar adalah sebutan bagi empat kejuaraan tenis ternama dan terkemuka di dunia yaitu Australia Terbuka, Wimbledon, AS Terbuka dan juga Prancis Terbuka.  Setiap pemain yang berhasil meraih juara pada keempat pertandingan tersebut dalam satu tahun, maka akan dikatakan berhasil dalam mencapai "Pertandingan Akbar".

Baru-baru ini Novak Djokovic, petenis asal Serbia yang baru saja meraih gelar juara tunggal putra Wimbledon untuk kelima kalinya setelah menaklukkan sang juara Wimbledon sebanyak delapan kali, Roger Federer, dalam final yang dilakukan paling lama yang diakhiri dengan tie-break bersejarah. Koleksi gelar Djokovic memiliki selisih empat gelar Grand Slam di bawah pencapaian gelar Federer sebanyak 16 title. Meskipun begitu, Novak Djokovic menjadi unggulan utama Wimbledon dalam turnamen kali ini, sedangkan Federer menjadi unggulan kedua. Catatan pencapaian Djokovic dalam sejarah Grand Slam termasuk Australia Open (7 kali), French Open (1 kali), Wimbledon (5 kali), US Open (3 kali).  

Selain Djokovic, masih ada 3 petenis ternama dan terbaik dunia yang telah berhasil meraih gelar sebagai petenis yang berhasil dalam “Pertandingan Akbar" atau Grand Slam. Berikut ulasannya. 

Roger Federer


roger-federer-2085439_960_720.jpg foto: Dok. Pixabay

Roger Federer adalah seorang petenis terbaik di dunia saat ini yang berasal dari Swiss. Tidak hanya itu saja, Federer juga menjalani peran sebagai rekor juara Grand Slam tunggal putra terbanyak sepanjang sejarah dengan memenangi 20 gelar juara yaitu pada Australia Open (6 kali), French Open (1 kali), Wimbledon (8 kali), dan US Open (5 kali). Hal tersebut dapat dilihat melalui pencapaiannya dengan menempati peringkat pertama di dunia mulai dari 2 Februari 2004 hingga 18 Agustus 2008 dan dari 6 Juli 2009 sampai saat ini.

Rafael Nadal


rafael-nadal-288554_960_720.jpg foto: Dok. Pixabay

Rafael Nadal adalah seorang pria berusia 33 tahun yang merupakan petenis professional asal Spanyol.  Nadal adalah petenis pertama -putra dan putri-  yang berhasil memenangkan turnamen Grand Slam  sebanyak 12 kali. Namun sekarang, Nadal telah berhasil meningkatkan pencapainnya dengan meraih gelar juara turnamen Grand Slam sebanyak 18 kali. Dan hal tersebut berarti Nadal hanya terpaut dua angka di bawah Roger Federer. Namun tidak hanya itu saja, Nadal berhasil mengungguli petenis peringkat satu dunia, Novak Djokovic. Adapun pencapaian Nadal selama Grand Slam adalah sebagai berikut; Australia Open (1 kali), French Open (12 kali), Wimbledon (2 kali) dan US Open (3 kali).

Pete Sampras
Pete-Sampras-Net-Worth.jpg

Pete Sampras adalah mantan petenis nomor satu di dunia asal Amerika Serikat. Sepanjang perjalanan kariernya sebagai seorang petenis, Pete telah berhasil mencetak sejarah dengan meraih 14 gelar Grand Slam dan juga telah mengakhirinya di peringkat pertama dunia selama enam tahun berturut-turut yaitu dari tahun 1993 sampai tahun 1998. Sebanyak tujuh kali Pete menjadi juara di Wimbledon. Hal tersebut merupakan sebuah hasil yang juga merupakan rekor. Selain di Wimbledon, Pete juga meraih juara di AS Terbuka sebanyak 5 kali dan di Australia Terbuka sebanyak 2 kali. Dan satu-satunya gelar kejuaraan terbesar yang tidak pernah berhasil diraih olehnya hanyalah di Prancis Terbuka.

Baca juga : 5 Travelling Spot Favorit Jovi Adhiguna         

Tags: Dunia, Slam, Grand