Tanpa judul.pngFoto:Dok. yayorin.com

Di saat masih banyak orang yang bingung harus memulai dari mana untuk memperbaiki suatu keadaan, sebagian kecil sudah memulainya dengan mendirikan non-government organization yang melakukan aksi nyata. Lihat 5 NGO yang berdampak besar di bidang sosial berikut ini, siapa tahu kamu akan terinspirasi.

1/5 Bali Peduli

1. Bali Peduli.jpegFoto:Dok balipeduli.org

Bali Peduli dibentuk oleh sekelompok warga Bali yang peduli akan penyebaran HIV di Bali dan segala stigma yang melekat di dalamnya. Di bawah bimbingan seorang dokter HIV bernama Dr. Steve Wignall, Bali Peduli berdiri sejak 2011 dengan fokus utama pada pelayanan tes HIV, pendampingan klien positif HIV, dan edukasi seputar HIV dan kesehatan seksual.

 

2/5 Bye Bye Plastic Bags

WhatsApp Image 2022-06-01 at 19.28.11.jpegFoto:Dok. tatlerasia.com

Masih dari Bali, dua sosok muda yang tumbuh besar di Pulau Dewata ini melihat langsung bagaimana sampah plastik sekali pakai membawa kerusakan besar pada alam sekitar mereka. Sejak 2013, Melati dan Isabel Wijsen mengajak masyarakat lokal dan wisatawan untuk membersihkan sampah plastik di pesisir pantai dan mengurangi penggunaannya dalan rutinitas sehari-hari.

 

3/5 Sungai Watch

3. Sungai Watch.jpegFoto:Dok. sungai.watch

Memang tak dapat dipungkiri bahwa sampah plastik membawa dampak buruk dan bahkan lebih buruk lagi bila sudah terbawa aliran sungai hingga ke laut. Menyadari hal ini, Gary, Kelly dan Sam Bencheghib membentuk Sungai Watch pada tahun 2020 di Bali. Bersama tim yang terdiri dari 55 pejuang sungai, mereka membersihkan sampah plastik dan sampah lainnya dari sungai-sungai di Bali dan Jawa sebelum semuanya bermuara di laut.

 

4/5 Yayasan Orangutan Indonesia (Yayorin)

4. Yayasan Orangutan Indonesia.jpegFoto:Dok. yayorin.com

Salah satu non-govermental organization yang turut beraksi menjaga kelestarian alam Indonesia adalah Yayasan Orangutan Indonesia. Berdiri sejak 1991, Yayorin memiliki misi yang berfokus pada penelitian, pendidikan masyarakat, dan pelestarian satwa liar terutama orangutan serta hutan hujan tropis sebagai habitat aslinya.

 

5/5 Sahabat Anak

5. Sahabat Anak.jpeg Foto:Dok. sahabatanak.org

Tak hanya pada alam, kepedulian masyarakat Indonesia pada permasalahan sosial juga terlihat dengan didirikannya yayasan Sahabat Anak pada tahun 1997. Dengan misi utama untuk mendampingi anak-anak Indonesia agar mendapatkan haknya, Sahabat Anak merangkai program bimbingan belajar rutin untuk anak-anak marjinal, khususnya anak jalanan, di sekitar Jakarta.