BTS.jpegFoto dok: BTS_twt

Baru-baru ini, boyband asal Korea Selatan, BTS mengjadiri Sidang Majelis Umum PBB (UNGA) ke-76 di Markas Besar PBB yang berlokasi di New York, AS. Tidak hanya menyampaikan pidato inspiratif, mereka pun turut memberikan performa serta pesan yang mandalam selama kedatangannya di sana. Berikut ulasannya.

1/5 Berangkat Menggunakan Paspor Diplomatik

Berbeda dari para grup pemusik yang bepergian ke luar negeri dengan paspor biasa, ketujuh member BTS berangkat dengan paspor diplomatik yang diberikan oleh Presiden Moon Jae. Dengan diberikannya paspor tersebut, BTS diutus secara khusus oleh pemimpin negara mereka untuk menyampaikan pesan penghiburan serta membawakan bahasan mengenai generasi muda yang tumbuh besar di era pandemi seperti ini. Dengan pengaruhnya yang besar, BTS pun turut diharapkan dapat memberikan pengharapan untuk menguatkan masyarakat dunia yang sampai saat ini masih berperang dengan virus COVID-19

2/5 Sampaikan pidato inspiratif

BTS diberikan kesempatan untuk berpidato di depan para pemimpin negara beserta figur sosial lainnya. Dalam pidatonya, BTS memberikan pandangan yang cukup inspiratif ketika membahas pandemi yang masih menjadi isu dunia. Dalam kesempatan ini, Jin dan Jungkook menjadi member yang bertanggung jawab untuk memberikan pidato tersebut. Jin memberikan sudut pandang bahwa generasi pandemi saat ini bukanlah generasi yang bisa dibilang sebagai "lost generation". Menurutnya, generasi yang hidup di tengah pandemi ini merupakan generasi yang siap untuk membawakan perubahan ke depannya. Jungkook juga memberikan pidato dimana ia dan para member lainnya setuju bahwa generasi muda saat ini lebih cocok disebut sebagai generasi kuat yang bisa menjalankan gerakan luar biasa dengan pilihan yang terbatas.

3/5 Membawakan "Permission to Dance"


Setelah memberikan pidato yang cukup inspiratif di hadapan para petinggi negara, para BTS tidak serta merta kembali duduk untuk melanjutkan acara. Namun, mereka menampilkan video mereka ketika membawakan lagu "Permission to Dance". Hal ini merupakan hal yang tidak biasa karena pengambilan video tersebut ternyata di lakukan di markas besar PBB. Setelahnya, mereka kemudian bernyanyi dan memberikan pertunjukan dance khas BTS di dalam podium tempat mereka berpidato tersebut. Mereka kemudian melanjutkan performa mereka di lobby hall, dan mengakhiri pertunjukan mereka dengan menyanyi dan menari bersama puluhan anak muda lainnya di taman Markas Besar PBB

4/5 Gunakan bahasa isyarat pada koreografinya

Selalu ada kejutan dalam setiap penampilan BTS. Setelah berpidato, para member pun menghadirkan sebuah performa tarian dengan menggabungkan bahasa isyarat Korea (KSL) dan internasional (ASL) ke dalam koreografinya. Pesan yang disampaikan pun sangatlah menarik, yaitu “kebahagiaan”, “kedamaian” dan “menari”.

5/5 Pelopor Gerakan "Youth Today, Your Story"

Dikenal menyebarkan energi positif, cinta, dan harmoni melalui bakat musik mereka, grup Korea Selatan BTS juga berkolaborasi dengan United Nation untuk membawakan gerakan "Youth Today, Your Story". BTS meminta para penggemar serta generasi muda lainnya untuk berbagi cerita mereka dengan hashtag #YouthToday dan #YourStories sebagai bentuk penyemangatan terhadap kondisi dunia saat ini. Dilansir dari Twitter official mereka, BTS memberikan pesan ajakan untuk membagikan momen-momen berharga yang dimiliki oleh setiap orang, yang ternyata menjadi rantai pesan positive di media sosial. Tweet tersebut muncul dalam bahasa Inggris agar setiap orang mampu untuk mengerti hal yang ingin mereka sampaikan melalui tweet tersebut.

Pesan yang menghangatkan hati dari para penggemarnya kemudian membanjiri platform micro-blogging tersebut dengan total tweet sebesar lebih dari 1,3 juta tweet dengan tag #YouthToday dan #YourStories. Sementara beberapa berbagi tentang pengalaman sulit mereka, para penggemar juga berharap bahwa idola mereka akan tetap menginspirasi dan secara konsisten mendorong perubahan besar.