Sebulan yang lalu, dunia baru saja merayakan Pride Month, bulan yang dijadikan sebagai peringatan dari kerusuhan Stonewall pada Juni 1969 dan juga seberapa besarnya pengaruh yang sudah lakukan oleh LGBTQ+ pada dunia. Nyatanya, memang LGBTQ+ memiliki pengaruh yang cukup besar untuk dunia, salah satunya dalam industri fashion. Hal ini dapat dilihat dengan penampilan para model transgender pada London Fashion Week tahun lalu. Berikut ini lima model transgender yang berhasil sukses dalam industri fashion.

Munroe Bergdorf

Munroe Bergdorf adalah seorang model dan aktivis asal Inggris. Sebagai seorang aktivis, pembicara, dan influencer, Bergdorf menjadi salah satu model transgeder yang paling menonjol saat ini. Bergdorf membantu banyak orang merubah pandangan terhadap transgender di dalam bidang fashion. Selain itu, baru-baru ini, Bergdorf mendapatkan penghargaan doctor dari University of Brighton sebagai kampanye-nya untuk hak transgender.

Carmen Carrera

Carmen Carrera adalah seorang model, performer, dan aktris. Carrera muncul di acara RuPaul’s Drag Race pada tahun 2011 lalu dan sekarang aktif dalam AIDS activism dan Worlds AIDS Day. Selain Bergdorf, Carrera juga menjadi salah satu transgender yang paling dikenal di seluruh dunia.

Leyna Bloom

Leyna Bloom adalah seorang aktivis, model, dan penari asal Amerika Serikat. Ia memulai menari semenjak menduduki kelas enam dan sempat muncul dalam American Theater Company pada saat ia berumur 14 tahun. Ia mendapatkan beasiswa dari Chicago Academy of Arts namun dipaksa untuk keluar karena ia tidak diizinkan untuk menari sebagai perempuan. Pada tahun 2017 lalu, Bloom adalah transgender perempuan pertama yang muncul di Vogue India.

Juliana Huxtable

Selain memiliki pekerjaan sebagai model dan DJ, ia juga menjadi pendiri dari Shock Value di NYC. Sebagai seorang seniman yang brilian, karya-karyanya sudah dipajang pada beberapa museum, seperti New Museum, Museum of American Art, dan MoMA.

Maya Mones

Sebagai seorang model, Maya Mones berbicara terang-terangan dan jujur tentang menjadi transgender pada akun media sosialnya. Pada tahun kemarin, ia menjadi model pada New York Fashion Week. Selain berhasil dalam dunia fashion dengan karirnya yang saat ini sangat sukses, ia juga berani menyampaikan masalah yang sering dihadapkan oleh transgender namun jarang dibicarakan.

Baca juga: Tersedia di 17 Negara, Fenty Beauty Siap Merambah Pasar Asia