Menjelang Pemililhan Presiden 2019, nama Sandiaga Uno telah mencuri perhatian banyak orang lebih dari sebelumnya. Tentu saja tokoh yang dipandang ini tidak menjadi figur kuat dalam semalam. Salah satu sosok yang membuat Sandiaga mempunyai karakter seperti sekarang ini antara lain adalah ibundanya sendiri, Mien R. Uno. Seperti apa sih kemampuan parenting yang Mien R. Uno gunakan untuk membesarkan anak-anaknya? Read ahead!

Perlakukan anak-anak setara

mien.jpg

Foto: Dok. Arsip Indonesia Tatler

Ibunda dari Indra dan Sandiaga Uno ini tidak hanya menjadi seorang figur wanita yang signifikan dimata kedua anaknya, namun juga memiliki prinsip yang kuat untuk membesarkan mereka. Salah satu prinsip yang Mien R. Uno pegang teguh adalah untuk tidak memiliki favorit diantara kedua anaknya. Mien R. Uno juga mengatakan bahwa dengan begitu, ia mengajarkan anak-anaknya akan demokrasi dan kesetaraan.

Nilai-nilai penting sejak dini

Layaknya figur orang tua yang patut dicontoh, Mien R. Uno juga terus menanamkan nilai-nilai penting pada anak-anaknya sejak usia dini. Mien R. Uno sendiri telah dibesarkan dengan nilai-nilai moral yang sama seperti integritas, kejujuran, rasa hormat dan menghargai kepercayaan yang berbeda-beda. Nilai-nilai ini pun akhirnya diturunkan juga kepada dua anaknya.

Perempuan yang kokoh

Sebagai sosok ibu yang memiliki karier, penting bagi Mien R. Uno untuk juga menjadi tokoh orang tua kepada anak-anaknya. Ia berpendapat perempuan adalah tiang dan tonggak dari kemakmuran bangsa karena berkat perempuan, sebuah keluarga dapat menjadi lebih bahagia. Maka dari itu, Mien percaya bahwa penting bagi perempuan-perempuan Indonesia khususnya figur seorang ibu untuk memberdayakan diri mereka menjadi sosok yang kokoh.

Menjadi seorang inspirasi

mien22.jpg

 Foto: Dok. Arsip Indonesia Tatler

Sebagai businesswoman, ternyata Mien R. Uno juga menjadi tokoh yang dicontoh oleh anak-anaknya termasuk Sandiaga Uno. Sandiaga sendiri pernah mengakui di suatu acara, bahwa ibundanya berperan penting dalam membangun karakteristiknya. Pasalnya, Sandiaga bukanlah sosok yang lihai dalam public speaking pada awalnya. Namun, ibundanya terus melatih Sandiaga sampai menjadi figur sosial yang kini banyak dicintai.

Jadi sosok pendamping

Mien R. Uno memiliki komitmen tinggi untuk selalu mendampingi anak-anaknya untuk menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya dan untuk terus menginspirasi anak-anaknya untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Sebagai contoh, Mien R. Uno selalu membawa Sandiaga Uno ke toko buku untuk menginspirasinya agar memiliki kecintaan tersendiri pada buku-buku.

Baca juga: Jakarta's Vice-Governor Sandiaga Uno Shares How He Fell In Love With His Wife

Tags: Indonesia, Tips, Sandiaga Uno, Mien R. Uno, 2019, Politikus, Parenting, Ibu, Pilpres