Tak dapat dipungkiri, kehidupan seorang Ratna Sari Dewi atau yang akrab disapa Dewi Soekarno selalu menyita perhatian publik. Selalu tampil aktif dan menawan dalam berbagai kesempatan, Dewi Soekarno juga merupakan pebisnis dan filantropis yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Berikut tujuh fakta mengenai dirinya yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

1/7 Seorang pebisnis dan filantropis

 

 Meski namanya jarang terdengar di Indonesia, wanita berusia 81 tahun yang saat ini menetap di Shibuya, Jepang ini, memiliki jiwa sosial tinggi. Selain disibukkan dengan bisnis kosmetiknya, Dewi Soekarno juga kerap berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial, yang ia unggah di laman resmi blog pribadinya. Pada tahun 1990, ia juga pernah bermigrasi ke New York dan menjadi penasihat khusus untuk Program Lingkungan di PBB.

2/7 Sangat peduli terhadap pendidikan

Sejak remaja, Dewi Soekarno memiliki keinginan menjadi penulis dan penyanyi opera, namun seiring berjalan waktu ia memiliki ketertarikan yang lebih pada dunia entertainment dan bercita-cita ingin menjadi aktris. Sayangnya, sang ayah menutup usia ketika dirinya masih menjalani pendidikan di sekolah menengah. Karena itu, ia pun harus membantu menghidupi keluarga. Usai mendapat pekerjaan di perusahaan asuransi, Dewi Soekarno memutuskan mengambil kelas malam untuk melanjutkan pendidikan.

3/7 Salah satu hobinya adalah membaca buku

Sejak kecil, Dewi Soekarno sudah dikenalkan dengan berbagai buku bacaan dari pamannya. Dengan banyak membaca ini, membuatnya berani menyusun mimpi. Salah satu cita-cita terbesarnya menjadi penulis. Hobi membaca ini juga menurun pada anaknya, Kartika Dewi Soekarno.

4/7 Tetap terlihat aktif dan memukau

Meski tidak muda lagi, Dewi Soekarno masih terlihat segar, aktif dan memukau. Dilansir dari beberapa media, rahasia di balik kecantikannya adalah pola hidup dan diet sehat. Selain mengurangi konsumsi daging, ia juga gemar menjelajah dan berpetualang. Selain itu, ia juga aktif melakukan dansa, mengonsumsi banyak sayuran dan produk makanan yang terbuat dari kedelai. Ia juga percaya pikiran yang sehat akan membuat siapa saja terlihat muda dan bahagia. Karena itu, ia mengatakan, pola pikir positif adalah salah satu kunci utama dalam hidupnya.

5/7 Bernama asli Naoko Nemoto

Sebelum menikah dengan Presiden pertama RI Soekarno, Ratna Sari Dewi atau yang akrab disapa Dewi Soekarno terlahir dengan nama Noko Nemoto pada 6 Februari 1940.

6/7 Seorang fashion enthusiast

Terlihat pada laman Instagram pribadinya, @dewisukarnoofficial, ia juga kerap terlihat elegan dan cantik dalam balutan blazer maupun dress memukau. Meski sudah menginjak usia yang tak lagi muda, ia selalu memperhatikan penampilan dan tampil stylish dalam berbagai kesempatan.

7/7 Seorang penyayang hewan peliharaan

Seperti yang terlihat pada laman Instagram-nya, Dewi Soekarno juga merupakan seorang pecinta hewan peliharaan, terutama anjing. Dalam kesehariannya, ia juga kerap menghabiskan waktu bersama mereka untuk melakukan aktivitas luar ruangan.