Baru berusia 29 tahun Alexandria Ocasio Cortez berhasil terpilih menjadi anggota kongres Amerika Serikat setelah mengalahkan ketiga pesaingnya yakni Anthony Pappas yang berasal dari partai Republik, Joseph Crowley, dan Elizabeth Perri. Namun untuk mencapai posisinya yang sekarang Alexandria harus melalui perjalanan yang cukup panjang melewati pahit manisnya kehidupan. Terlahir dari keluarga kelas pekerja, berikut kisah menarik Alexandria yang memulai karirnya dari nol hingga berada di posisinya saat ini, yuk simak ulasannya disini.

Berasal Dari Keluarga Kelas Pekerja

983BF344-3259-4EAE-83A3-7FA3F50AC8C7.jpegAlexandria Ocasio yang lahir dari keluarga kelas pekerja harus menjalani hari-harinya dengan berjalan selama kurang lebih 40 menit untuk dirinya bisa tiba di sekolah, hal itu dilakukannya bertahun-tahun hingga menyelesaikan pendidikannya. Seakan menjadi bukti ketimpangan kualitas ekonomi, pendidikan serta kesehatan di Amerika, Hal inilah yang akhirnya membentuk sebuah pemikiran dan cara pandang dirinya terhadap kehidupan politik.

Ditinggalkan Sang Ayah Saat Dirinya Masih Duduk Di Bangku Kuliah

C4C9CCBC-6D16-4F2E-9B41-CD7902F23F5E.png
Setelah kepergian sang ayah, Alexandria Ocasio yang kala itu masih duduk di bangku kuliah selama dua tahun harus menjalani hari-hari yang semakin berat. Mencari penghasilan untuk dirinya tetap bertahan hidup dengan cara bekerja sebagai bartender disebuah bar dan menjadi pelayan restoran. Pekerjaan itu harus dilakukanya demi membantu sang ibu yang juga bekerja sebagai pembersih rumah dan supir bus sekolah untuk dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka. Ocasio mulai melihat adanya sebuah perbedaan yang cukup signifikan terhadap kondisi kelas pekerja di Amerika Serikat.

Masa Perkuliahan Dan Karir Alexandria

96DB49A5-1DFC-40FD-96ED-021F68B43948.png

Tidak sampai disitu, Ocasio pun harus terus membagi waktunya untuk berkuliah dan bekerja. Bertugas mengangkat telepon dari orang-orang yang menanyakan keluarganya yang ditangkap oleh penegak imigrasi dan bea cukai di jalan. Ocasio yang kala itu bekerja di kantor imigrasi senator Edward M Kennedy mulai melihat berbagai hal yang akhirnya menimbulkan kepedulian dalam hatinya ketika melihat para imigran yang belum mendapatkan pembenahan dari partai Demokrat di Amerika Serikat. Lulus dari universitas Boston dengan gelar sarjana ekonomi dan hubungan internasional , Ocasio mulai membangun perusahaan sendiri yang bergerak dibidang penerbitan yang menyediakan literature pendidikan bagi anak-anak sebagai sarana pendidikan. Tidak hanya itu ia juga bekerja di perusahaan konsultan pendidikan GAGEis, Inc sebagai perencana sistem pendidikan. Ocasio pun menjabat sebagai direktur pendidikan di National Hispanic Institute, organisasi ini bertujuan untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan pada anak-anak muda latin.

Memulai Karir Politiknya

739274DB-CE97-48F8-B0B7-06B89624CBCD.jpeg

Ocasio yang kala itu terlibat dalam kampanye pencalonan presiden Bernie Sanders, menyatakan dirinya sebagai seorang sosialis, itulah awal karir politik terbesar yang dilakukan Ocasio. Pasca kekalahan Bernie, Ocasio memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya sebagai bartender dan mulai tergabung dalam sebuah gerakan penentangan pembangunan jalur minyak di kota Dakota Selatan. Dengan cara berinteraksi aktif dengan masyarakat, Ocasio yang juga berkemah dengan aktivis lokal ini mengatakan bahwa apa yang dikerjakannya saat itu adalah bentuk untuk mendapatkan sebuah pandangan atau penerimaan untuk dapat memahami akar permasalahan yang ada.

Mengalami Berbagai Macam Serangan Dan Tantangan

B7CE6F61-8F57-415C-A906-A284CF145186.png

Setelah melalui perjalanan panjang dalam karir politiknya, Ocasio mengalami berbagai macam serangan dari media-media besar di Amerika yang menyoroti kehidupan masa kecilnya, keluarganya, bahkan adanya beberapa media yang enggan untuk menyebutkan namanya dan menggantinya dengan sebutan “a girl has no name." Namun dengan banyaknya tekanan dan serangan yang ia alami serta tantangan yang begitu besar untuk melewati pertarungan politik yang tidak ada habisnya, Ocasio membuktikan bahwa dirinya tidak menyerah dan tidak gentar sedikitpun dalam menjalani semuanya.

Berhasil Terpilih Sebagai Anggota Kongres Amerika Serikat

73631B3F-6617-46D7-84F7-5281F8199519.png

Melalui perjalanan yang panjang, Akhirnya Alexandria Ocasio berhasil terpilih sebagai anggota kongres Amerika Serikat. Namun perjuangannya merebut kursi anggota kongres didampingi oleh pihak-pihak yang bisa dikatakan sebagai outsider perpolitikan praktir Amerika. Melalui bantuan sukerela dari berbagai organisasi, masa kampanye Ocasio dapat berjalan dengan lancar. Tidak hanya dibangun dengan gerakan kampanye klasik yang membawa pesan-pesan keadilan sosial, namun kampanye Ocasio bertumpu pada peran media sosial yang menggambarkan ciri khas di era milenial. Melalui dukungan dan visi – misi untuk membela, mengembangkan, dan mereformasi serta pemihakannya terhadap kelas pekerja dan imigran di Amerika, Ocasio berhasil memenangkan dari Crowley dengan perolehan suara sebanyak 78%. Kemenangan yang diraih Ocasio membuat dirinya menjadi anggota kongres perempuan termuda sepanjang sejarah Amerika Serikat.

 Baca Juga: Mobile Premier League Hadir Meramaikan Industri eSports Indonesia

Tags: Amerika Serikat, Alexandria Ocasio Cortez, Wanita Muda, Kongres Amerika, Wanita Inspiratif