emma raducanu.pngFoto dok: graziadaily.co.uk

Emma Raducanu menyita perhatian dunia ketika dirinya berhasil mengalahkan Leylah Fernandez di final US Open 2021 dan membawa pulang trofi turnamen Grand Slam pertamanya. Di usianya yang ke-18 tahun, bintang tenis ini tidak hanya disibukkan dengan sekolah dan training, tetapi juga beragam kolaborasi serta aktivitas lainnya mulai dari menghadiri Met Gala, menjadi wajah terbaru dari rumah perhiasan Tifanny & Co jewellery hingga menjadi brand ambassador untuk Dior Fashion dan Beauty. Berikut enam fakta menarik mengenai atlet multitalenta ini.

1/6 Menjadi salah satu dari tujuh atlet wanita pemegang  wild card
 
Setiap pemain tenis berperingkat internasional dapat mendaftar untuk bermain di Wimbledon, tetapi hanya 104 peserta teratas yang dipilih untuk bersaing bersama dengan 16 pemain tambahan, mereka juga harus memenangkan tiga putaran di kualifikasi untuk mendapatkan posisi.

Emma berhasil masuk ke Wimbledon peringkat 338 di dunia dan sekarang menempati posisi ke- 150. Dia adalah salah satu dari tujuh pemain wanita yang diberikan wild card, yang berarti dia mendapatkan shoo-in untuk undian utama. Dirinya mendapatkannya ketika baru mengikuti penampilan Tur Asosiasi Tenis Wanita (WTA) keduanya.

2/6 Fasih berbahasa China dan Rumania
 
Emma Raducanu lahir di Toronto, Kanada pada 13 November 2002. Atlet berusia 18 tahun ini adalah anak dari seorang ayah berkebangsaan Rumania dan seorang ibu yang berasal dari China. Selain berbahasa Inggris, atlet multitalenta ini juga pandai berbicara dalam bahasa China dan Rumania. Pada salah satu wawancaranya, Emma mengatakan bahwa kemampuannya tersebut membantu dirinya untuk berkomunikasi ketika sedang berpergian maupun turnamen.

3/6 Pendidikan adalah prioritas utamanya

Di tengah kesibukannya menjadi atlet, memecahkan rekor dan berkompetisi di beberapa kejuaraan tenis top di dunia, Raducanu juga seorang siswa fulltime yang belajar untuk A-Level di bidang ekonomi dan matematika. Mengungguli ujian akhir tahunnya, dilansir dari ESPN, dirinya sangat suka bersekolah dan belajar menjadi sebuah pelarian baginya selain berolahraga.

4/6 Seorang pecinta balapan

Selain tenis, Emma juga kerap melakukan olahraga lainnya termasuk memacu diri di lintas balapan. Saat berusia 5-8 tahun, dirinya biasa melakukan balapan go-kart di sebuah garasi bus di Streatham sebelum berpindah ke trek yang layak. Sejak usia sembilan tahun, ia pun juga menjajal motorcross. Hobi bahkan masih ia lakukan sampai sekarang.

5/6 Penggemar setia Formula 1 Racing

Selain motorcross, Emma juga merupakan seorang penggemar setia balap Formula 1. Dalam salah satu wawancaranya ia mengatakan bahwa ia belajar banyak dari pebalap akan reaksi cepat dan insting yang dilakukan mereka yang dapat menguntungkannya saat bermain tenis. 

6/6 Terpilih menjadi wajah baru untuk Dior Fashion dan Beauty
 
Tidak hanya di lapangan tenis, kini tennis star kelahiran Kanada ini juga melebarkan sayapnya di dunia mode. Baru-baru ini, Emma terpilih menjadi brand ambassador untuk lini fashion dan beauty dari rumah mode Prancis, Dior. Pengumuman ini mengikuti momen karpet merah pertamanya pada pemutaran perdana No Time to Die awal bulan ini.