pidato-kepemimpinan-habibie-noj2xv-prv.jpg

Antara Foto

B.J. Habibie tidak hanya menginspirasi banyak orang lewat pengetahuannya, tetapi juga karena ialah pembuka keran demokrasi di Indonesia. Dalam masa kepemimpinannya yang singkat dan di tengah-tengah berbagai krisis dan masalah, Habibie berhasil mewujudkan kebebasan pers, membuka ruang bagi kebebasan berpendapat dan berorganisasi, mendemokratisasi sistem politik, menyelenggarakan otonomi daerah, membebaskan tahanan politik, dan lain-lain. Sebelum mengambil keputusan, ia adalah sosok yang mengandalkan naluri dan nuraninya ketimbang kalkulasi politik. Hal tersebutlah yang membuatnya istimewa.

Semua orang sudah tahu kisah cintanya dengan Ainun, namun banyak yang tidak tahu tentang formasi intelektualnya dan prinsip-prinsip yang menuntun sikap, tindakan, serta perilakunya. Berikut tujuh kutipan dari Habibie—yang mencerminkan prinsip-prinsip yang ia pegang teguh hingga akhir hayatnya—yang bisa menginspirasi kamu atau bisa menjadi pedoman hidupmu.


 habibie-dokumen-pribadi-jawa-pos-943fd051ee0931cba69370d805d563ca.jpg

 

Cinta tidak berupa tatapan satu sama lain, tetapi memandang keluar bersama ke arah yang sama.

 

bj-habibie-muda-b7fc17cfb4838417eefee34719f51e2e.jpg

Kalau bukan anak bangsa ini yang membangun bangsanya, siapa lagi? Jangan saudara mengharapkan orang lain yang datang membangun bangsa kita.

 

bj-habibie.jpg

Tidak ada gunanya IQ Anda tinggi namun malas, tidak memiliki disiplin. Yang penting adalah Anda sehat dan mau berkorban untuk masa depan yang cerah.

 

5d78fbdff3242.jpg

Antara Foto/Ali Anwar

Kalau ditanya Habibie umur berapa? Saya jawab 90 kurang 10, namun jiwanya saya tetap 17 tahun, dik, karena hidup ini hanya 24 jam sehari maka kita perlu melakukan hal yang bermanfaat.

 

5d78e5fa6e25c.jpg

Kompas/Totok Wijayanto

Percaya itu baik, tapi mengecek lebih baik lagi.

 

habibie-3-19a7cd304b9256741cdbf7a890514ff8.jpg

Instagram @b.jhabibie

Pemimpin itu harus mengutamakan hubungan relasi penuh kasih sayang dan penuh penghargaan (bukan untuk penghargaan tapi untuk melayani sesama manusia) dibandingkan status kekuasaan semata.

 

 pidato-kepemimpinan-habibie-noj2xv-prv.jpg

Antara Foto/Yudhi Mahatma

Hiduplah kamu seperti akan mati besok, dan berbahagialah seperti kamu akan hidup selamanya.

Tags: Quotes, Inspiratif, Habibie, B.J. Habibie, Motivasi Hidup, Kutipan