Dunia teknologi memang sedang marak di berbagai kalangan usia dan gender, tidak hanya orang tua, tapi anak sekolah pun juga sudah bisa menguasi bidang IT. Tyovan Ari Widagdo atau yang akrab disapa Topan adalah salah satunya. Pria berusia 30 tahun ini sudah sejak dini mendalami dunia IT, hingga pernah menjadi seorang hacker yang berhasil meretas situs warnet tempat ia bermain dan juga situs sekolahnya. Sebelum menjadi seorang startip founder dan entrepeneur yang sukses, tentunya ia melewati perjalanan panjang. Berikut kisah perjalanan karirnya. 

Menyukai Dunia IT Sejak SMP
linkedin.jpg

foto: Dok. Linkedin

Ketertarikannya kepada dunia IT sudah dimulai sedari kecil dan saat ia masih duduk bangku SMA. Berawal dari hobinya bermain game, ia pun mulai tertarik untuk mendalaminya. Saat itu muncul keinginan dalam dirinya untuk membuat game sendiri. Lalu Topan pun mulai mendalami bahasa pemrograman melalui buku di perpustakaan daerah dan internet. Topan juga mengakui bahwa kemampuannya dalam bidang IT ia dapati secara otodidiak.

Membuat Situs Wonosobo.com

Minimnya informasi mengenai kota kelahirannya, Wonosobo, baik di Google maupun di situs pemerintah yang saat itu mati, mendorong keinginannya untuk membantu kota tersebut dengan mengembangkan pariwisatanya. Tak ingin melewatkan kesempatan, kemampuannya dalam bidang IT, membuat website dan juga portal, Topan yang saat itu berusia 16 tahun dan masih duduk di bangku SMA merilis situs wonosobo.com dihadapan para pejabat pemerintah kota (Pemkot). Tidak hanya itu, perilisan website-nya diadakan sehari sebelum ia mengikuti ujian semester. 

Membuat Perusahaan Pertama Saat Kelas 2 SMA

Setelah launching startup pertamanya, Topan mendapat banyak tawaran untuk membuat aplikasi dan software. Kemudian Topan mendapat tawaran yang bernilai 25 juta rupiah, nominal yang terbilang sangat besar untuk anak SMA saat itu, dengan syarat harus memiliki label perusahaan yang benar-benar terdaftar. Setelah memalui proses yang panjang, permohonannya pun disetujui dan ia membuat CV Vemobo Citra Angkasa, perusahaan pertamanya saat ia masih duduk di kelas 2 SMA di SMAN 1 Wonosobo.

 Menjadi Founder  Bahaso.com

Bahaso adalah aplikasi untuk belajar bahasa asing dan telah menarik sebanyak lebih dari 1 juta pengguna. Pada tahun 2018 yang lalu, Topan launching Bahaso di Brazil. Aplikasi ini dibuat karena Topan melihat adanya potensi orang yang ingin belajar bahasa Inggris sangat banyak. Tidak hanya sampai disitu saja, sekarang Topan juga sedang mengembangkan aplikasi untuk pesan singkat yang bernama HaiApp. Topan bertekad untuk membuat aplikasi ini lebih besar dari aplikasi WhatsApp.

 Kunci Sukses Seorang Topan

Sebagai startup founder yang sukses, Topan menginspirasi semua orang khususnya generasi milenial, bahwa dalam kesuksesannya, ia memegang prinsip dream, believe dan action. Melalui wawancaranya di salah satu satu stasiun TV lokal, Topan kembali mengingatkan bahwa kita harus percaya dan yakin akan mimpi kita.

Baca juga: 5 Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang CEO Dan Co-founder Ride, Gita Sjahrir

Tags: Society, Startup, Digital, Sukses, Muda, Teknologi, Informasi