emily-ratajkowski-kendall-jenner.jpg

Foto: Roger Kisby - Getty Images

Dua tahun telah berlalu sejak kasus Fyre Festival mulai menggegerkan publik. Namun buntut panjang dari kasus penipuan Fyre Festival belum juga berakhir. Kali ini, beberapa influencer dan selebriti ikut terseret dalam pusaran masalah festival ini.

Sebut saja model Kendall Jenner, Emily Ratajkowski, dan musisi-musisi kondang seperti Migos, Blink-182, Lil Yachty, dan Pusha T. Nama-nama tersebut masuk ke dalam gugatan ke Pengadilan Kepailitan AS di New York yang dilayangkan oleh Gregory Messer dari pihak penyelenggara acara. 

Penyelenggara Fyre Festival berusaha untuk mendapatkan kembali uang yang sudah mereka bayar kepada semua pihak yang terlibat dalam gagalnya pelaksanaan festival tersebut. Dalam gugatan Messer, nama-nama di atas dituntut untuk mengembalikan uang yang diberikan kepada mereka saat diminta untuk mempromosikan Fyre Festival di akun-akun media sosial mereka. 

Kendall Jenner dikabarkan mendapatkan bayaran senilai US$275.000 (sekitar Rp 3,9 miliar) untuk mempromosikan Fyre Festival di akun Instagramnya. Namun Messer menyebut bahwa Kendall tidak mengatakan bahwa ia dibayar untuk mempromosikan festival tersebut.

Menurut gugatan Messer, Kendall berniat untuk menggiring publik untuk membeli tiket Fyre Festival karena kakak iparnya, Kanye West, diisukan akan tampil di festival tersebut. Isu ini berawal dari postingan Kendall di Instagram pada tahun 2017 yang menyebut bahwa artis-artis dari G.O.O.D. Music, label rekaman yang didirikan Kanye West, akan membintangi Fyre Festival.

post-kendall-jenner.jpg

Beberapa artis juga mengalami hal serupa dengan Kendall. Dalam gugatan terpisah, Messer mengatakan bahwa DNA Model Management, agensi model yang menaungi Emily Ratajkowski, menerima bayaran sebesar US$299.000 (sekitar Rp 4,2 miliar) dari pihak Fyre Media untuk mempromosikan festival itu.

International Creative Management, agensi yang menaungi Migos, Lil Yachty, dan Rae Sremmurd, dibayar sebanyak US$350.000 (sekitar Rp 5 miliar) untuk mendatangkan ketiga rapper tersebut. Sementara itu, Creative Artists Agency dibayar US$500.000 (sekitar Rp 7 miliar) untuk band pop punk Blink-182. Nue Agency mendapatkan bayaran terbesar, sebanyak US$730.000 (sekitar Rp 10,3 miliar) untuk Pusha T, Desiigner, dan Tyga.

Kasus ini menjadi perbincangan hangat setelah diketahui bahwa Fyre Festival hanya sebuah penipuan yang berkedok festival musik mewah. Sosok yang merupakan dalang di balik kasus ini adalah Billy McFarland, pendiri Fyre Media. McFarland sedang menjalani masa tahanan setelah divonis enam tahun akibat kasus ini pada Oktober 2018. Setelah ditetapkan sebagai tersangka, McFarland meminta maaf dan mengatakan bahwa ia menyesal atas perbuatannya. 


Baca juga: Fyre Festival: What Millennials Can Learn From The Netflix Documentary

Tags: Kendall Jenner, Emrata, Fyre Festival, Emily Ratajkowski