Tanpa judul.jpg Foto:Dok.instagram.com/selenagomez

Belakangan ini, isu terkait penyelamatan dan kesejahteraan hewan sedang ramai dibicarakan di dalam negeri. Banyak yang masih salah paham ketika membicarakan cara terbaik untuk memelihara hewan. Bahkan masih ditemukan khalayak yang memilih untuk membeli dibandingkan langkah adopsi, termasuk membeli hewan-hewan langka dan liar. Di Amerika, kini berusaha menggaungkan awareness untuk adopsi hewan, hingga membuat kampanye media sosial #adoptdontshop. Hal ini mengingat ada sekitar 6,5 juta hewan peliharaan di tempat penampungan dan 1,5 juta ekor terpaksa harus suntik mati karena krisis tempat tinggal.


Dengan mengadopsi, kamu sudah membantu menyelamatkan kehidupan hewan dan menjadikannya hidup layak. Apalagi kini tempat penampungan juga sudah mulai kewalahan akibat banyaknya hewan yang harus diselamatkan, tetapi tak ada lagi ruang. Sehingga adopsi akan memberi ruang bagi hewan yang membutuhkan. Adopsi juga menjadi bentuk perlawanan terhadap aktivitas Puppy Mills, yang merupakan tempat pembiakan hewan seperti pabrik dan seringnya tidak mementingkan kesejahteraan hewan. Bahkan jika induknya sudah tidak lagi bisa menghasilkan, Ia akan dibuang. Sementara jika kamu mengadopsi hewan, akan mengurangi permintaan anak-anak hewan baru, dan diharapkan akan menghentikan aktivitas tidak manusiawi tersebut. Berikut ini adalah para tokoh terkenal yang memilih untuk mengadopsi hewan dibandingkan membeli. Mungkin, kamu tertarik untuk mengikuti jejak mereka dan mengambil langkah serupa. 


1/11 Chris Evans 

Aktor pemeran Captain America ini pertama kali bertemu Dodger di sebuah penampungan hewan yang menjadi tempat pengambilan gambar untuk film Gifted. Chris awalnya mengira anjing tersebut sudah terlatih untuk on set dalam film. Namun, ternyata anjing tersebut hanya penghuni biasa shelter dan Chris kemudian memutuskan untuk mengadopsinya.


2/11 Zac Efron

Maca, anjing pitbull milik Zac Efron, memiliki perjalanan yang cukup panjang sebelum akhirnya memiliki rumah. Diketahui bahwa sebelum diselamatkan oleh sebuah pet shop di LA, Maca hendak di-euthanasia (suntik mati). Zac yang kebetulan melihat pet shop tersebut, jatuh cinta pada pitbull ini dan mengadopsinya.


3/11 Selena Gomez 

Penyanyi Selena Gomez dan keluarganya sudah menyelamatkan setidaknya lebih dari tujuh anjing. Bagi Selena, mengadopsi tidak hanya sekadar memberi tempat aman bagi hewan terlantar, tetapi juga memberi penjagaan seumur hidup.


4/11 Amanda Seyfried 

Saat sedang melakukan pengambilan gambar untuk film Big Love, Amanda tanpa sengaja melihat seekor anjing Australian shepherd berkeliaran di sekitar lokasi. Tanpa ragu, Amanda mengambil anjing tersebut untuk diadopsi dan diberi nama Finn. Ia juga mengakui, anxiety attacks- nya berkurang setelah mengadopsi Finn. Kini, Amanda aktif di organisasi Best Friends Animal Society, untuk meningkatkan awareness terhadap banyaknya jumlah hewan di shelter yang menunggu untuk diadopsi.


5/11 Jennifer Aniston 

Ada beberapa selebritas yang memilih adopsi hewan saat lockdown pandemi Covid19. Salah satunya adalah Jennifer Aniston. Jennifer mengadopsi anak anjing yang diberi nama Lord Chesterfield, dari sebuah tempat penampungan di Los Angeles, bernama Wagmor Pets Dog Rescue. Dengan bertambahnya Lord Chesterfield, Jennifer kini sudah memiliki tiga anjing.


6/11 Priyanka Chopra & Nick Jonas

Pasangan penyanyi-selebritas Priyanka Chopra dan Nick Jonas berhasil menyelamatkan dan mengadopsi seekor anjing yang mereka beri nama Panda. Panda merupakan anjing percampuran antara husky dan  Australian shepherd. Untuk keseharian Panda dapat diikuti melalui akun Instagram mereka.


7/11 Ariana Grande

Sejak pertama kali menyelamatkan seekor pitbull bersama mendiang Mac Miller pada 2017, penyanyi Ariana Grande telah mengadopsi hampir 10 ekor anjing dan seekor anak babi. Akhir 2020 lalu, Ia mendirikan tempat perlindungan hewan nonprofit yang dinamakan Orange Twins Rescue di LA.


8/11 Kristen Bell

Whiskey bisa jadi anjing paling beruntung di dunia. Saat Kristen Bell menemukannya di salah satu shelter, Whiskey dalam keadaan kehilangan satu kaki akibat terlindas truk. Walau begitu, pasangan dan anak-anak Kristen sudah terlanjur jatuh hati dan memutuskan untuk mengadopsi Whiskey. Kristen bahkan menuliskan kata-kata manis yang berjanji akan melindungi Whiskey.

 

9/11 Presiden Joe Biden & First Lady Jill Biden

Selain artis dan penyanyi, Presiden Amerika Joe Biden beserta ibu negara Jill Biden juga memutuskan untuk mengadopsi seekor anjing German shepherd pada 2018. Anjing yang kemudian dinamai Major ini, merupakan anjing adopsi pertama yang tinggal di Gedung Putih. Selain Major, Presiden Joe Biden sudah memelihara seekor anjing German shepherd juga yang diberi nama Champ.


10/11 Ava Phillippe

Untuk mengobati kesedihan setelah hewan peliharaan mereka meninggal, putri dari artis Reese Witherspoon ini memilih untuk mengadopsi seekor anjing baru yang diberi nama Benji. Benji sebelumnya diselamatkan dan dirawat di Best Friends Animal Society, Utah. Menurut Ava, Ia sudah jatuh cinta sejak pandangan pertama dan merasa telah mengenal Benji sejak lama.


11/11 Zooey Deschanel

Awalnya Zooey hanya berencana mengadopsi seekor anjing dari Bill Foundation. Namun, saat anjing yang Ia pilih, dikeluarkan dari kandang, Zooey melihat tatapan perpisahan anjing lain. Hal ini ternyata meluluhkan hatinya dan memutuskan untuk mengadopsi keduanya. Hingga kini, keduanya tak terpisahkan.