Pesta olahraga difabel, ASEAN Para Games 2022, baru saja usai. Pesta olahraga selama satu minggu ini diselenggarakan di Solo dan dimulai sejak 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 lalu. Selama satu pekan, ada beragam cerita seru tentang perjuangan para atlet, venue, logo, termasuk tuan rumah Indonesia yang berhasil menjadi juara umum. Berikut adalah kisah-kisah menarik dari ASEAN Para Games 2022.

1/5 Seharusnya diselenggarakan di Vietnam

1.jpeg

Foto: Dok. Kemenparekraf

ASEAN Para Games 2022 semestinya diselenggarakan pada akhir 2021 lalu di Vietnam. Sayangnya, karena pandemi, tanggal acara pertandingan olahraga ini harus diundur hingga baru terlaksana minggu lalu. Lalu Vietnam juga mengungkapkan ketidakmampuan untuk menyelenggarakan event lanjutan dari SEA Games ini. Alhasil, Indonesia dan Malaysia menawarkan diri sebagai negara pengganti dan diputuskan Indonesia yang menyelenggarakan ASEAN Para Games.

2/5 Diselenggarakan di Kota Solo

2.jpg

Foto: Dok. Instagram @/paraasean

Seluruh kegiatan ASEAN Para Games 2022 berpusat di Solo, dengan persebaran arena meliputi Surakarta dan Karanganyar. Ada 11 pertandingan yang diselenggarakan di Surakarta, sementara sisanya di Karanganyar, seperti olahraga Catur dan Bola Voli Duduk. Untuk renang yang awalnya direncanakan juga di Karanganyar, akhirnya dipindah ke Semarang, karena lokasi kurang siap.

3/5 Dibuka oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan ditutup oleh Presiden Jokowi

3.jpg

Foto: Dok. Instagram @/sekretariat.kabinet

Dikarenakan kesibukan Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke beberapa negara, pesta pembukaan ASEAN Para Games 2022 diresmikan oleh Wakil Presiden, Ma'ruf Amin. Sementara untuk pesta penutupan yang digelar di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Presiden Jokowi datang bersama Ibu Negara dan cucunya, Jan Ethes. Dalam sambutannya, beliau mengucap syukur atas kelancaran acara dan berterima kasih atas kerja keras para atlet dari berbagai negara.

4/5 Indonesia berhasil jadi juara umum

4.jpg

Foto: Dok. Instagram @/sekretariat.kabinet

Dalam ASEAN Para Games yang ke-11 ini, Indonesia berhasil menjadi juara umum, dengan medali emas sebanyak 175, 144 perak, dan 107 perunggu. Total medali yang berhasil diraih tim Indonesia adalah 426. Sementara di posisi kedua ditempati Thailand, dengan total medali sebanyak 318. ASEAN Para Games 2022 ini diikuti oleh 11 negara dan 1.248 atlet. Ada 13 cabang olahraga yang dilombakan dalam lomba kali ini.

5/5 Cerita tentang atlet parapanah yang viral di media sosial

5.jpg

Foto: Dok. Instagram@/kholidin3403

Salah seorang atlet parapanah untuk ASEAN Para Games 2022 menjadi viral di media sosial dikarenakan cerita perjuangannya yang menginspirasi. Adalah Kholidin atau Bang Udin, yang ramai berkat cerita dari linimasa Twitter oleh Cisca Bekker. Cisca yang sebelumnya bekerja di sekitar Sarinah beberapa kali bertemu Kholidin yang berprofesi sebagai pedagang bubur ayam. Singkat cerita, walau dengan keterbatasan akibat kehilangan satu tangan, Kholidin tak pernah menyerah dan membuktikan bahwa dirinya juga bisa berprestasi. Kholidin menyumbang tiga emas selama ASEAN Para Games 2022.