queen.jpgFoto dok: stluciastar.com

Seperti kita ketahui, Ratu Elizabeth baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-94 pada 21 April kemarin. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, perayaan ulang tahun sang Ratu kali ini tidak dirayakan secara megah karena adanya pandemi COVID-19.

Walaupun tahun ini kita tidak sempat melihat menu makanan yang dihidangkan saat ulang tahunnya, makanan di kalangan keluarga Kerajaan Inggris memang selalu menjadi topik menarik untuk dibahas. Terlebih lagi terkait makanan Ratu Elizabeth II yang dikenal memiliki banyak aturan. Demi menjaga kesehatannya, berikut 5 makanan yang tidak dikonsumsi Ratu Elizabeth II.
 
1/5 Makanan yang mengandung tepung

PASTA.jpgFoto dok: unsplash.com/@amir_v_ali 

Ketika menyantap makan siangnya, Ratu Elizabeth II tidak mengonsumsi makanan yang terbuat dari tepung seperti kentang, pasta dan roti. Hal ini diungkapkan oleh Darren McGrady, koki pribadi keluarga Kerajaan Inggris yang telah bekerja selama 15 tahun. Sebaliknya, sang Ratu memilih salad atau hidangan ikan dan ayam (grilled chicken) dengan sayuran saat makan siang ataupun malam. Chef Darren juga mengatakan bahwa Ratu Elizabeth II hanya akan mengonsumsi pasta saat menghadiri atau mengadakan pesta makan malam khusus.


2/5 Bawang merah dan putih

Garlic.jpgFoto dok: unsplash.com/@matthewpilachowski

Chef Darren mengatakan, Ratu tidak akan mengonsumsi makanan yang dimasak dengan bawang merah dan putih. Hal ini dikarenakan sang Ratu tidak ingin memiliki napas yang tak sedap ketika bertemu seseorang. Pada salah satu wawancara Darren dengan Reader’s Digest, ia mengungkapkan bahwa Ratu Elizabeth memiliki aturan bahwa tidak ada bangsawan Inggris termasuk dirinya, yang diizinkan untuk mengonsumsi bawang putih. Hal ini juga berlaku kepada istri Pangeran William, Kate Middleton dan istri dari Pangeran Harry, Meghan Markle.

3/5 Rare Steak

rare meat.jpgFoto dok: unsplah.com/@therazkazhi 

Steak dengan tingkat kematangan rare atau tidak terlalu matang, juga dihindari oleh Ratu. Darren mengatakan bahwa Ratu Elizabeth tidak suka melihat daging yang masih terlihat merah ada di atas piringnya dan memilih mengonsumsi daging dengan tingkat kematangan well done atau matang sempurna. Bumbu untuk memasak steak-nya pun sangat diperhatikan. Darren mengatakan bahwa olahan daging harus dilengkapi dengan saus yang dimasak dengan Wiski irlandia, sedikit bawang bombay, jamur, minyak dan mentega.

4/5 Buah-buahan yang di luar musimnya

srawberry.jpgFoto dok: unsplash.com/@alexandermils 

“Queen Elizabeth II is all about eating with the seasons.” Itu artinya, Ratu tidak memakan buah-buahan yang tidak dipanen atau tumbuh pada musimnya. “Jika alam tidak menumbuhkannya, Ratu tidak akan menyentuhnya,” Darren mengatakan pada salah satu wawancaranya dengan Business Insider. “Jika kami mengirim stroberi kepada Ratu saat musim panas, ia tidak akan mengatakan sepatah katapun. Namun, jika kami mengirimnya pada musim dingin, Ratu akan berkata jangan sekalipun berani memberinya makanan yang dimodifikasi secara genetis,” imbuhnya.

5/5 Sweetened Tea

tea.jpgFoto dok: unsplash.com/@loverna

Seperti wanita Inggris pada umumnya, Ratu Elizabeth II sangat menikmati teh Earl Grey dengan sedikit susu. Namun, ia tidak akan menambahkan gula sedikitpun ke dalam cangkirnya. Darren mengatakan, hal ini dilakukan Ratu untuk menjaga berat badannya agar tetap stabil dan mengurangi kecanduan gula untuk menikmati secangkir teh yang sehat.