Terkenal dengan desainnya yang inovatif dan timeless, Gucci sukses mengukuhkan namanya sebagai salah satu rumah mode ternama yang memiliki banyak penggemarnya. Di bawah tangan dingin Creativer Director Gucci, Alessandro Michele, brand asal Italia ini sukses membuat penggemar mode terpukau dengan karya-karyanya yang bold nan estetis. Selain itu, Gucci juga sukses menggaet market dengan segala usia. Mulai dari orang tua, profesional muda, hingga generasi milenial. Berikut beberapa fakta mengenai Gucci.

Baca juga: 9 Wahana Baru Yang Dapat Kamu Nikmati Di Dufan Pada Tahun Ini

Merupakan pegawai hotel

Gucci didirikan oleh seorang pengrajin kulit bernama Guccio Gucci yang dulunya adalah seorang pegawai hotel. Ia bekerja di Savoy Hotel London, Inggris. Pengalamannya selama bekerja di sanalah yang membuatnya terinspirasi untuk membuat kerajinan kulit dengan nuansa Inggris klasik dalam karyanya. Guccio mulai merintis kariernya dengan mendirikan perusahaan di Florence, Italia, pada 1921 silam. Inilah cikal bakal terbentuknya label Gucci.

Banyak melayani para bangsawan

Kalangan aristokrat yang gemar berkuda menjadi klien pertama Gucci dalam jumlah besar. Mereka meminta dibuatkan perlengkapan untuk berkuda. Hingga akhirnya, brand ini terkenal dengan detail tapal kuda pada desain loafers dan mule-nya.

Tebu sebagai pengganti kulit

Ketika Italia berada di bawah kepemimpinan diktator pada tahun 1940-an, material kulit sangat sulit didapatkan. Akhirnya, perusahaan tersebut bereksperimen dengan material lainnya seperti linen dan tebu yang digosok menjadi sebuah tas. The burnished cane bag, atau yang dikenal sebagai Bamboo bag, akhirnya menjadi populer hingga saat ini.

Dijadikan koleksi museum

Salah satu produk andalan Gucci, loafers dengan ciri khas detail tapal kuda di bagian depannya, masuk menjadi salah satu koleksi di Metropolitan Museum of Art di New York pada 1985 silam. Loafers ini diciptakan pada 1932 dan banyak dipakai oleh kalangan bangsawan.

Permintaan khusus scarf sutera

Pada tahun 1966, aktris legendaris Amerika sekaligus Putri Monaco, Grace Kelly mempunyai permintaan khusus kepada Gucci. Ia ingin dibuatkan scarf sutera dengan detail bunga-bunga bernuansa vintage. Tanpa disangka, scarf floral tersebut masih dijual dan banyak peminatnya hingga sekarang. Di 2015 silam, Gucci meminta seniman Kris Knight untuk menggambar ulang dan dihadirkan dalam koleksi Cruise 2015.

Baca juga: 5 Startup Layanan Delivery Makanan Sehat Di Indonesia