Ada sebuah pemahaman yang mengatakan bahwa teknologi dan laki-laki memiliki kerekatan yang erat. Namun, pemahaman tersebut di patahkan oleh seorang perempuan muda bernama Fransiska Hadiwidjana. Lulusan Teknik Informatika ini adalah wanita muda dibalik kesuksesan startup Prelo, situs dan aplikasi yang didirikannya pada tahun 2015. Lalu seperti apa sosok Fransiska? Mari kita tengok 5 fakta tentangnya. 

Siapa itu Fransiska Hadiwidjana?

f1.jpgfoto: Dok. Kurio.co

Fransiska Putri Wina Hadiwidjana, merupakan lulusan dari Teknologi Informatika di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2008. Ia mendapat kepercyaan untuk mengikuti program tahunan di Singularity University Graduate Studies Program 2012 (GSP 12) selama 2 setengah bulan. Dan kesempatan tersebut membuat dirinya menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia untuk pertama kalinya.

Menguasai Dunia Komputer dan Programming

f2.jpgfoto: Dok. prelo

Pada wawancara dengan salah satu stasiun radio lokal, ia menceritakan bahwa ketika duduk di bangku SD, dirinya telah memiliki ketertarikan pada dunia teknologi. Semua itu berawal dari hobinya bermain game dikomputer. Hal itu pun yang membuatnya semakin penasaran untuk mengotak-atik komputer. Dunia komputer dan programming merupakan suatu hal yang menarik bagi Fransiska. Oleh karena itu, ia pernah meraih kemenangan dalam kompetisi coding dan pemrograman.

Memilih Untuk Menjadi Entrepreneur dan Mendirikan Start Up

3.jpgfoto: Dok. www2.jawapos.com

Berawal saat PW mengambil program internship di salah satu perusahaan venture capital yang merupakan lembaga invest startup. Saat itulah, ia merasa tertantang untuk mendirikan startup-nya sendiri. Menurutnya, dunia startup sangatlah challenging dan menarik untuk ditekuni. 

Pendiri dan CEO Prelo

f4.jpgfoto: Dok. STEI ITB

Prelo adalah salah satu startup berbasis teknologi  terbesar di Indonesia yang menjual produk preloved. Startup ini dibuat dengan tujuan yang ramah lingkungan, yaitu agar setiap barang yang sudah tidak digunakan lagi atau bekas tidak dibuang dengan sia-sia. Barang preloved yang dijual disini bukanlah sekedar barang bekas, melainkan barang yang dijamin keasliannya. 

Rahasia Sukses Fransiska

Diusianya yang belum mencapai 30 tahun, Fransiska telah membuktikan bahwa ia dapat meraih kesuksesan melalui bisnis startup yang didirikannya. Berawal dari mimpi kecilnya untuk membuat perangkat lunak yang berguna bagi banyak orang, Fransiska menjadi salah satu dari 10 Pengusaha Wanita Paling Inspiratif di Bidang Teknologi Dari SEA menurut versi Forbes. Selain itu, dirinya juga menginspirasi wanita di Indonesia terutama generasi milenial, untuk selalu bermimpi tanpa batas dan mengejar mimpi mereka. 

 Baca juga: Atlet Catur Wanita Indonesia Di Bawah 25 Tahun Yang Sukses Meraih Gelar Internasional

Tags: Entrepreneur, Society, Startup, Digital, Sukses, Perempuan, Muda, Teknologi, Informasi