Dunia startup sepertinya sudah menjadi ladang dimana para millenial dan pekerja untuk tidak sekedar mencari uang, namun sebagai sarana untuk menularkan ide kreatif dalam membangun bisnis. Sehingga tidak jarang banyak founder startup membangun sebuah perusahaan yang memiliki jenis pelayanan yang unik dan inovativ. Seperti Oki Earlivan Sampurna sebagai founder dari Triplogic. Ide startup nya boleh dibilang sangat berbeda dengan yang lainnya. Kira-kira seperti apa sih orangnya dan apa startup miliknya? Yuk cek di sini.

Memiliki background pendidikan yang mapan

Dapat melihat peluang bisnis yang ada tentu dibutuhkan kemampuan dan salah satunya adalah dengan pendidikan. Rekam jejak pendidikan Oki juga sangat bagus. Oki memiliki gelar sarjana dalam bidang studi bisnis manajemen dari Institut Teknologi Bandung. Setelah itu, Oki berhasil menyandang gelar master dari studi bisnis administrasi dari Royal Holloway, University of London.

Membangun startup bisnis yang tidak biasa bernama Triplogic

Memiliki ilmu tentang bisnis membuat Oki berusaha keras untuk melihat peluang bisnis dan membangun perusahaannya sendiri. Hingga pada suatu saat pada saat Oki sedang melancong menggunakan pesawat, dirinya menyadari bahwa kadang ada bagasi yang tak terpakai dan tidak bisa mendapatkan refund jika tidak memakai bagasi tersebut. Nah untuk mengakali hal ini, Oki membangun Triplogic yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan uang dengan menggunakan sisa bagasi kosong untuk mengirim barang

Tidak hanya Triplogic, Oki juga pernah membangun perusahaan edukasi

Namun perusahaan yang dimiliki oleh Oki tidak hanya Triplogic saja. Oki juga pernah membangun sebuah perusahaan berbasis edukasi yang bernama EduLab. Perusahaan yang berpusat di kota Bandung ini memberikan pelayanan berupa konsultasi pendidikan teruntuk bagi siswa-siswi yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat tinggi dan universitas negeri ternama di Indonesia.

Pernah mendapatkan beberapa award 

Berkat kerja keras dan ketekunannya dalam merintis bisnis, pada tahun 2015 lalu Oki pernah mendapatkan sebuah penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia. Penghargaan tersebut bernama AWI (Anugerah Wirausaha Indonesia) yang diberikan kepada 20 pebisnis terbaik di bidangnya masing-masing. Salah satunya ada Oki Earlivan. Lebih hebatnya lagi, Oki dan juga 20 pebisnis lainnya dipilih dan berhasil menyingkirkan 300 peserta lainnya. Tidak hanya itu, di tahun 2016 Oki pernah mendapatkan sebuah penghargaan market place atas karyanya dalam membangun Edulab. Hebat ya!

Baca juga: Mengenal Aulia Halimatussadiah, Penulis Yang Sukses Membangun Nulisbuku.com

Tags: Entrepreneur, Society, Triplogic, Oki Earlivan