Di tengah kesibukannya menjadi supermodel dan “Keeping Up with The Kardashian,” Kendall Jenner dikabarkan telah merilis brand tequila miliknya sendiri. Dinamakan 818 Tequila, produk tersebut diproduksi di kota Jalisco yang merupakan jantung industri tequila di Meksiko.

Melalui sebuah postingan di akun Instagram-nya, Kendal mengatakan bahwa usaha ini adalah bisnis pertamanya. Meski begitu, brand miliknya diketahui telah memenangkan berbagai penghargaan di berbagai kompetisi alkohol seperti Chairman's Trophy at the Ultimate Spirits Challenge dan the Innovation Award at SIP Awards.

Layaknya tequila tradisional, 818 dibuat secara ekslusif menggunakan tanaman Blue Weber Agave yang dipanen di dataran tinggi dan dataran rendah Jalisco. Tiga jenis tequila juga akan tersedia saat peluncuruan seperti Blanco, Resopado dan Añejo.

Bisnis milik Kendall tentunya sangat berbeda dari para saudarinya, Kim Kardashian West dan Kylie Jenner yang berfokus pada produk kecantikan. Peluncuran 818 merupakan sebuah gebrakan besar bagi model berparas cantik tersebut. Pasalnya, di tahun 2016 lalu, Khloe mengatakan pada salah satu wawancaranya jika Kendall “sangat fokus dan bertekad” untuk tidak mengonsumsi alkohol.  

Mengenai Jalisco

Jalisco.jpgFoto dok: Mexinsurance.com

Terletak di bagian barat Meksiko, Jalisco merupakan salah satu pusat industri minuman alkohol berbahan Agave biru di dunia. Dengan luas wilayah 80.386 km², denyut nadi industri di kota ini digerakkan oleh para petani Agave yang disebut dengan Jimador. Di tengah teknologi yang berkembang saat ini, pembuatan tequila di Jalisco masih berakar pada metode pertanian berusia ratusan tahun dan menggunakan peralatan tangan serta bantuan keledai. Tak heran jika produksi tequila di kota ini disebut sebagai salah satu yang terbaik dan tak tertandingi hingga saat ini.