Dunia online sudah menjadi salah satu sarana bagi orang untuk mencari uang. Seperti dengan membuka bisnis secara online contohnya. Hal ini juga yang disadari oleh Cynthia Tenggara. Dengan tekad kuat dan kerajinan yang dimilikinya, Cynthia akhirnya berhasil membangun catering online miliknya dengan nama BerryKitchen.com. Penasaran kira-kira sosoknya ini seperti apa sih? Yuk cek di sini selengkapnya.

Menempuh pendidikan di dalam negeri

1.jpgFoto: Dok. Facebook Cynthia Tenggara

Menjadi seorang founder sukses tentu saja dibantu dengan bekal pendidikan semasa menimba ilmu. Hal ini juga dialami oleh Cynthia. Berbekal gelar sarjana dari Universitas Pelita Harapan, Cynthia berhasil membangun perusahaannya sendiri. Namun bukan gelar dari studi bisnis yang dia dapatkan, melainkan gelar dari program studi hubungan masyarakat atau public relations.

Memiliki rekam jejak karier yang panjang sebelum membangun berrykitchen.com

2.jpgFoto: Dok. Facebook Cynthia Tenggara 

Jauh sebelum berpikir untuk membangun perusahaan rintisannya sendiri, Cynthia juga memiliki beberapa rekam jejak dalam karier. Wanita lulusan sekolah Regina Pacis ini pernah bekerja di beberapa perusahaan ternama seperti sebagai tim kreatif RCTI, account manager Groupon Indonesia dan  manajer PR YCAB Foundation sebelum akhirnya menjadi CEO di berrykitchen.com

Awal mula membangun berrykitchen.com

dailysocial.jpgFoto: Dok. Dailysocial 

Cynthia pernah menuturkan bahwa awal mula dirinya membangun berrykitchen adalah saat dirinya masih bekerja. Saat itu para pegawai termasuk Cynthia kerap mendapatkan jatah makan siang namun dirinya kurang menyukai makanan yang disediakan. Oleh karena itu, Cynthia memutuskan untuk membuat catering yang sesuai dengan kesukaannya dan selera kebanyakan orang.

Tidak bisa masak

3.jpgFoto: Dok. Facebook Cynthia Tenggara

Satu hal yang unik dari Cynthia Tenggara adalah fakta bahwa dirinya tidak bisa memasak. Tentu terdengar aneh bahwa seorang founder dari bisnis katering tidak bisa masak. Namun hal itu tidak menjadi penghalang secara Cynthia terus mengembangkan bisnis kateringnya. Cynthia mengakalinya dengan mencari pekerja yang mahir dalam memasak. Dengan itu dirinya bisa mencari solusi dalam kelemahannya dengan cara bekerja sama dengan orang yang mahir dalam memasak.

Kiat bisnis seorang Cynthia Tenggara

5.jpgFoto: Dok. Facebook Cynthia Tenggara

Nah bagi kamu yang ingin memiliki bisnis sukses seperti Cynthia, ini dia kiat bisnis yang harus dimiliki. Pertama sebelum memulai bisnis, kamu harus melakukan riset pasar terlebih dahulu agar mengetahui secara jelas apa yang dibutuhkan masyarakat dan juga target audiencenya. Lanjutkan dengan perencanaan bisnis dan anggaran. Setelah itu mencari rekan bisnis yang bisa diajak untuk kerja sama. Last but not least adalah mulailah lakukan bisnisnya secara tekun.

Baca juga: Kehidupan Glamor Bupati Talaud , Sri Wahyumi Maria Manalip

Tags: Entrepreneur, Society, Cynthia Tenggara, Foodpreneur, Bisnis Katering