kumparan.jpgFoto: Dok. Kumparan

Presiden Bank Dunia, David Malpass secara resmi mengumumkan penunjukan Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia untuk Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan. Menurut pernyataan resmi dari World Bank, David menyambut gembira kehadiran wanita kelahiran Jakarta tersebut. 

Tidak hanya itu, David juga mengungkapkan kekagumannya pada sosok Mari. Menurutnya, kemampuan serta pengalamannya sebagai seorang pemimpin dan peneliti di bidang ekonomi akan sangat membantu Bank Dunia untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan memberantas kemiskinan dalam skala global. 

Seperti yang diketahui, Mari Elka adalah Menteri Perdagangan tahun 2004 hingga 2011 dan juga Menteri Pariwisata pada 2011 hingga Oktober 2014 di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sehingga kemampuan kepemimpinan dan ekonominya tidak perlu diragukan lagi. 

Reaksi serupa juga ditunjukan oleh wanita berusia 63 tahun ini. Dilansir dari pemberitaan media lokal, Mari mengungkapkan bahwa dirinya merasa terhormat dapat bergabung dengan Bank Dunia. Ditambahkan olehnya, ia sangat menantikan kesempatan untuk bekerja dengan tim Bank Dunia untuk menghadapi berbagai keperluan yang mendesak. 

Dalam peran barunya ini, Mari akan memimpin dan mengawasi kerja satu program Bank Dunia yang bernama Global Practice Group. Selain itu, ia juga akan mengawasi kinerja dua divisi yaitu divisi riset dan data Bank Dunia (DEC) dan divisi Hubungan eksternal dan korporat. Mari sendiri akan mulai aktif sebagai Direktur Pelaksana pada tanggal 1 Maret mendatang.

Sebelum berhasil menjadi anggota Bank Dunia, saat ini Mari Elka merupakan Ketua Ketua Dewan Pengawas Lembaga Penelitian Kebijakan Makanan Internasional (IFPRI) di Washington DC. Ia juga aktif sebagai penasihat Komisi Global Geopolitik Transformasi Energi Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA) di Abu Dhabi. 

Baca juga: Jepang Menempati Urutan Pertama Pemilik Paspor Terkuat di Dunia

Tags: Society, Mari Elka Pangestu, World Bank