Pada September tahun ini, Fendi baru saja memperkenalkan Kim Jones sebagai penerus Karl Lagerfeld sebagai Direktur Artistik koleksi pakaian wanitanya dan koleksi perdananya akan ditampilkan pada Milan Fashion Week 2021 mendatang. Sebelum kita melihat koleksi rancangannya, mari kita kenali terlebih dahulu sosok Kim Jones. Berikut cerita perjalanan karirnya mulai dari menjabat sebagai Direktur Artistik di berbagai rumah mode, kecintaannya terhadap dunia fashion dan pribadinya yang rendah hati.

1/5 Pernah Menjadi Direktur Artistik Louis Vuitton selama 7 tahun

LV.jpgFoto dok: gq.com

Bergabung dengan Louis Vuitton pada 2011 silam, Kim berhasil memberikan identitas fashion yang baru pada brand asal Prancis ini. Jika sebelumnya Louis Vuitton berfokus pada koper bertingkat, desainer asal Inggris justru menghasilkan koleksi pakaian pria yang mampu menghilangkan batasan-batasan dan jarak antara streetwear dan high-end fashion. Jauh sebelum athleisure menjadi tren mode masa kini, Kim Jones telah mengadopsi terlebih dahulu pakaian streetwear bermotif yang diproduksi secara masal. Hal tersebut merupakan kekuatan kreatif di balik kolaborasi blockbuster dengan Supreme, Fragment Design dan seniman Inggris Jake dan Dinos Chapman. Setelah berkarir sebagai direktur kreatif pakaian pria Louis Vuitton, ia pun memutuskan untuk melepaskan jabatannya pada 2018 silam dan ia pun didapuk menjadi direktur artistik Dior Homme.

2/5 Seorang kolektor sneakers dan vinyl

collector.jpgFoto dok: wmagazine.com

Pada salah satu wawancaranya di tahun 2016, Kim mengatakan bahwa dirinya telah memiliki lebih dari 500 pasang sepatu sneakers yang ia dimpan di rumahnya di Maida Vale, London dan Paris. Kim juga mengatakan bahwa koleksi sepatu yang paling ia sukai adalah Jordan dan Huarache. Selain itu, ia juga turut mengkoleksi berbagai barang vintage dari Vivienne Westwood, Stephen Linard, Rachel Auburn dan Modern Classics, Issey Miyaki, Jean Paul Gaultier hingga Christopher Nemeth. Selain fashion, Kim juga merupakan pecinta musik. Ia mengatakan bahwa kegemarannya mengkoleksi vinyl sudah ia lakukan sejak belia. Saat ini, Kim diketahui memiliki 6.000 koleksi rekaman yang ia simpan di kediamannya. 

3/5 Sempat mendirikan brand fashion-nya sendiri

fashion.jpgFoto dok: numero.com

Lahir di London pada tahun 1979, Kim Jones dan keluarganya banyak menghabiskan waktu untuk berpindah tempat karena tuntutan pekerjaan sang ayah sebagai hydrogeologist. Ekuador, Afrika dan Karibean merupakan beberapa negara yang pernah ia tinggali dan pengalamannya tersebut mengilhaminya untuk membangun brand fashion-nya sendiri. Setelah lulus dari Central Saint Martins in 2002, Kim mendirikan sebuah label eponimus yang dikenal dengan produk streetwear-nya. Berbagai kolaborasi dengan brand fashion ternama seperti Hugo Boss, Topman, Umbro, Mulberry, Iceberg, hingga Pastelle milik penyanyi Kanye West pun sempat ia lakukan. Namun, pada tahun 2008, Kim memutuskan untuk berfokus pada karirnya sebagai Direktur Kreatif Alfred Dunhill.

4/5 Pemimpin yang mengutamakan integritas dan kepedulian terhadap sesama

integritas.jpgFoto dok: ft.com

“There’s a lot of hierarchy in a lot of houses, and they see a high turnover,” ucap Kim dalam salah satu wawancara dengan media asing. Dikenal sebagai pemimpin yang memiliki integritas, Kim Jones selalu memerhatikan kesejahteraan karyawannya. Kim mengatakan bahwa ia tidak suka memiliki terlalu banyak perubahan. “Asisten saya telah bekerja bersama saya selama 10 tahun lebih dan dia adalah satu-satunya orang yang dapat saya andalkan. Jika saya tidak ada di sana, dia tahu persis apa yang saya suka dan dia bisa mengatakan ya atau tidak.” Kim melanjutkan bahwa ia memiliki banyak intern dan jika pekerjaan mereka benar-benar memuaskan ia akan menemui CEO dan berkata bahwa ia ingin mempertahankan orang tersebut. “Saya katakan bahwa saya yakin jika kontribusi mereka akan menjadi aset berharga dalam tim yang saya pimpin.” “Saya juga kerap memastikan bahwa mereka dibayar secara adil. Jika tim saya mengerjakan 12 koleksi dalam setahun maka mereka harus dibayar dengan pantas sesuai kerja mereka. Ketika hal tersebut tidak diindahkan, saya akan memastikan jika HR menyadari hal tersebut.” “Anda tidak bisa mengharapkan pekerjaan tambahan secara gratis. Hal tersebut sangatlah penting bagi saya.”

5/5 Menjadi Direktur Artistik Pakaian Wanita Fendi

fendi.jpgFoto dok: France24.com

Pada September tahun ini, Fendi baru saja memperkenalkan Kim Jones sebagai penerus Karl Lagerfeld sebagai Direktur Artistik koleksi pakaian wanitanya dan koleksi perdananya akan ditampilkan pada Milan Fashion Week 2021 mendatang. Bersama dengan Silvia Venturini, ia dipercaya dapat menghadirkan koleksi pakaian yang tentunya inovatif, unik dan kreatif. Saat ini, Kim juga diketahui masih mempertahankan jabatannya sebagai direktur artistik Dior Homme.