f068a388-3f25-4ccd-ae69-e5ed56971356.jpg

Siapa yang tak mengenal penyanyi berparas cantik dan juga pebisnis sukses, Syahrini? Kepribadiannya yang ramah dan menyenangkan akan membuat siapa saja yang berada didekatnya merasa senang dan diterima.

Dikenal dan dicintai karena suaranya yang merdu, tutur kata  lemah lembut serta kehidupan mewah, penyanyi bernama lengkap Fatimah Syahrini Zaelani ini memulai karirnya pada 2008 di panggung hiburan Indonesia sebagai penyanyi.

Kegemaran dan bakat Syahrini di dunia entertainmen sudah terlihat sejak dini. Selalu ingin tampil berbeda dari saudara dan teman-teman sekelasnya, wanita kelahiran Bogor ini kerap menggunakan pakaian dan riasan wajah yang berani. Bahkan, saat ia masih duduk di bangku sekolah, Syahrini mengatakan bahwa ia kerap terlihat keluar masuk ruang guru karena memakai riasan wajah seperti eyeliner dan juga kaus kaki panjang berwarna terang. 

Kecintaannya pada makeup dan mode ini pun juga diterjemahkan secara elegan pada laman Instagramnya yang memiliki lebih dari 34 juta followers. Tak heran jika ia dijuluki sebagai salah satu ikon mode Indonesia saat ini.

Selain memiliki pandangan cerdas terhadap mode, istri dari pengusaha Reino Barack ini juga merupakan artis multitalenta. Pada wawancara eksklusif kami, Syahrini mengatakan,  kemampuan bernyanyinya ia dapatkan secara otodidak. Mentor pertamanya adalah almarhum sang ayah yang juga membentuk persona publiknya.

“Almarhum ayah saya banyak mengajarkan saya bagaimana membawa diri di lingkungan sosial. Mulai dari berbicara di depan umum, berinteraksi dengan audiens, bahasa tubuh dan juga mimik wajah,” ungkapnya. Hasilnya, Syahrini pun tumbuh menjadi wanita berintegritas kuat, percaya diri, selalu rendah hati serta peduli terhadap sesama.

Screenshot at Jan 13 20-17-08.png

Bagian lain dari pesona Syahrini adalah spontanitas dan humor yang kerap ia lontarkan melalui serangkaian jargon fenomenal seperti 'syantiexxx', atau 'cetarrr membahana.’ Kedua kata tersebut sebenarnya banyak kita dengar di sekeliling kita. Namun, dengan suara khasnya, jargon tersebut menjadi sesuatu yang menyenangkan dan unik saat diucapkan olehnya.

“Saya tidak pernah menyangka orang-orang akan sangat menyukai jargon tersebut,” ucapnya. “Tapi kata-kata tersebut sangat menyenangkan dan akhirnya saya pun memutuskan untuk menjadikannya bagian dari desain clothing line saya SYR Propagandha.” Pemilihan nama tersebut pun bukan tanpa alasan, ia mengatakan bahwa Propaghanda adalah singkatan dari moto hidupnya, yaitu "Produktif Kepada Hal Yang Berlipat Gandha.”

Screenshot at Jan 13 20-16-27.png

Tak hanya dalam bisnis, moto tersebut pun juga diterapkan pada pendekatan produktivitasnya dalam pekerjaan dan dalam menjalani kehidupan yang bermakna guna menciptakan kebaikan yang lebih besar. Selama  lebih dari satu dekade berkarier di industri hiburan, ia mengatakan  ada banyak orang yang memotivasi dan menginspirasinya untuk terus berkarya serta menciptakan musik yang dapat dinikmati semua orang. Pada awal pandemi Covid-19, ia pun disibukkan dengan peluncuran single terbarunya “Seumur Hidupku” yang ia produksi dari rumah. Single tersebut pun dirilis bertepatan dengan ulang tahun pernikahannya pada Pebruari 2020 silam.

“Pandemi ini mendorong saya untuk mengembangkan kreativitas  secara keseluruhan,” ujarnya. “Setelah proses syuting video klip yang sesuai dengan protokol kesehatan, saya dan pihak management memutuskan untuk merilis dan mempromosikan single tersebut sepenuhnya di platform digital.”

Pada single terbaru tersebut, Syahrini juga mengungkapkan kebahagian, rasa syukur serta cintanya pada sang suami, Reino Barack. “Saya beruntung bisa bekerja sama lagi dengan Melly Goeslaw dalam menggarap single ini.” Syahrini juga mengatakan bahwa akan ada lebih banyak lagi musisi yang berkolaborasi dalam album terbarunya yang akan dirilis tahun ini.

Screenshot at Jan 13 20-17-47.png

Selain dikenal sebagai penyanyi, artis multitalenta ini juga memiliki ketertarikan terhadap bisnis. Sebelum terjun ke dunia hiburan, Syahrini memulai kariernya sebagai wirausahawan di industri properti dan mengelola sebuah tambang yang diwarisi oleh ayahnya. Saat ini, ia pun juga sibuk mengelola beberapa bisnis seperti Fatimah Syahrini Mukena dan Scarfs, Clover Honey Syahoney dan canvas tote bag, yang semuanya bekerjasama dengan usaha kecil menengah setempat. Tidak hanya itu saja, ia pun turut berkecimpung di industri makanan dan minuman dengan membuka sebuah bistro makanan Sunda, Pawon & Kopi Bu Cetarr dan Princess Cake.

Di tengah jadwalnya yang padat, Syahrini juga tak lupa untuk tetap mendidikasikan dirinya kepada keluarga.

“Wanita yang kuat harus mampu mempertahankan martabat dan tanggung jawabnya dalam berbagai peran yang ia pegang, baik itu di dalam rumah tangga, tempat kerja maupun masyarakat,”  jelas Syahrini.

Kesuksesan yang ia dapatkan saat ini pun tak terlepas dari dukungan dari sang suami yang senantiasa mendampinginya.

“Saya memandang beliau sebagai kepala keluarga dan tahun ini saya sangat bersemangat untuk menumbuhkan keluarga kecil kami.” “Di atas segalanya, saya juga berterima kasih atas semua berkah dan dukungan yang telah diberikan Reino kepada saya,” tambahnya.

Dengan segala kesuksesan serta berbagai pencapaian yang luar biasa, tak heran jika tahun 2021 ini akan menjadi tahun penuh berkah dan kebahagian bagi Syahrini.