obama1.jpgFoto dok: usnews.com

Baru-baru ini, Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama, membagikan 20 lagu favoritnya yang kerap ia dengarkan saat masih bekerja di Gedung Putih.

Pada laman Twitter-nya, Obama menuliskan bahwa playlistnya mencakup berbagai karya musisi dari berbagai genre dan era, mulai dari country music hingga rap.

Suami dari Michelle Obama ini juga mengatakan bahwa lagu tersebut didedikasikan untuk merayakan buku terbarunya berjudul “A Promise Land” yang diluncurkan pada November 17. Buku ini bercerita mengenai perjalanannya dari kampanye pemilu 2008 hingga akhir masa jabatan pertamanya sebagai Presiden AS. 

“Musik selalu memegang peranan penting dalam hidup saya, terutama ketika saya masih menjabat sebagai presiden,” ungkapnya.

obamasinging3.jpgFoto dok: pbs.org

Playlist dengan 20 lagu tersebut menampilkan lagu dari Eminem berjudul “Lose Yourself,” B.B King “Thrill Is Gone,” Jay Z “My 1st Song,” U2 “Beautiful Day,” Beyoncé “At Last” dan “The Times They Are a-Changin” karya Bob Dylan.

Selain membagikan daftar lagu favoritnya, Obama juga membagikan pengalamannya bertemu dengan sejumlah penyanyi yang masuk ke dalam playlist-nya.

Ia mengatakan bahwa lagu yang ia kerap dengarkan saat meninjau catatan pribadinya sebelum debat adalah lagu “My 1st Song” dari Jay-Z atau “Luck Be a Lady” dari Frank Sinatra.

Selama jabatannya di Gedung Putih, Obama dan istrinya juga kerap mengundang berbagai musisi seperti Stevie Wonder dan Gloria Estefan untuk mengadakan evening workshop dengan anak muda sebelum pertunjukan malam di East Room.

Ada pula berbagai performa dari beberapa penyanyi yang akan selalu ia kenang seperti Beyoncé yang menyanyikan lagu “At Last” yang dibawakan saat pelantikannya dan lagu Bob Dylan pada saat ia melepas jabatannya berjudul 'Times They Are a-Changin'."

Adapun berbagai lagu yang ia dengarkan adalah sebagai berikut:

OBAMA.jpgFoto dok: Barack Obama Twitter