JB1.jpg

Mengutip data dari World Health Organization yang dikeluarkan tahun 2018 lalu, 73% kematian di Indonesia disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular atau non-communicable diseases (NCD). Sesuai pengertiannya, PTM adalah kondisi medis atau penyakit yang tidak disebabkan oleh infeksi sehingga tidak menular seperti kolesterol, penyakit jantung, dan diabetes. 

Ironisnya PTM ini dapat terjadi karena faktor yang dapat dikendalikan (modifiable risk factor) dan faktor yang tidak bisa dikendalikan (unmodifiable risk factor). Contoh faktor yang bisa dikendalikan adalah kebiasaan merokok, diet yang tidak sehat, kurang aktivitas, dan konsumsi alkohol yang berlebihan. Tentu saja semua risiko ini dapat dikurangi dengan menjalani gaya hidup aktif dan sehat. 

Masalahnya, cukup sulit menjalani gaya hidup aktif di tengah kesibukan dan rutinitas sehari-hari. Padatnya jam pekerjaan, mobilitas tinggi, sering kali dijadikan alasan yang menghambat untuk berolahraga. Berangkat dari hal inilah, kami menghadirkan 20FIT sebagai solusi olahraga yang efektif dan efisien bagi individu yang sibuk. 

Alasan waktu yang seringkali menjadi momok untuk tidak berolahraga, terjawab dengan teknologi EMS yang kami gunakan di 20FIT. Electro Muscle Stimulation adalah sebuah olahraga yang memanfaatkan denyut dari arus listrik (impulse) untuk menargetkan otot atau saraf. Impulse ini mengirimkan sinyal kepada otot agar mereka melakukan kontraksi (seperti menekuk otot lengan bagian atas). Dengan kontraksi otot yang dilakukan secara berulang, aliran darah menjadi meningkat sehingga membantu memperbaiki otot yang terluka.

EMS sendiri merupakan teknologi yang berasal dari Jerman dan telah digunakan cukup lama di bidang medis, khususnya untuk terapi stroke dan terapi pasca cedera. Ilmuwan dari Jerman kemudian mengembangkan alat ini untuk olahraga, kecantikan, dan well-aging. Sejak 2014, 20FIT menghadirkan teknologi ini untuk pertama kalinya di Indonesia.

Alasan kedua yang sering menghambat orang untuk berolahraga adalah kenyamanan dan kepraktisan dalam berolahraga. Berolahraga EMS di 20FIT tidak akan merepotkan karena tidak perlu membawa baju, sepatu maupun perlengkapan olahraga. EMS dilakukan dengan menggunakan baju khusus yang telah disediakan lengkap dengan handuk dan air mineral yang juga telah disediakan bagi setiap pelanggan.

Terakhir, kemudahan akses untuk berolahraga. Faktor lokasi menjadi salah satu faktor krusial yang menentukan pilihan dalam berolahraga. Menjawab akan hal itu, 20FIT Studio kini telah tergabung dalam satu ekosistem yang terintegrasi melalui aplikasi FITCO.

Melalui aplikasi ini, pelanggan diberikan kemudahan untuk menentukan sendiri jadwal olahraga sesuai preferensi. Pelanggan juga dapat menentukan sendiri lokasi olahraga dari 13 lokasi 20FIT Studio yang tersebar di Jakarta. 

Melalui kemudahan-kemudahan ini, 20FIT mengeliminasi semua alasan untuk tidak berolahraga. 

Harapannya, segala kemudahan ini dapat mendorong masyarakat Indonesia untuk beralih ke gaya hidup aktif dan hidup menjadi lebih fit.

Baca juga: Tatler Collabs: 5 Resep Masakan Khas Indonesia Ala Chef Juna Rorimpandey

Tags: Jeff Budiman, Tatler Collabs, Ems, The Fit Company, 20 Fit