luna mayaa.jpg

Foto: Instagram Luna Maya

Mencintai diri sendiri adalah hal yang sulit, namun bukan berarti tidak dapat dilakukan. Hanya saja, perjalanan ini memang membutuhkan proses yang cukup panjang untuk meyakinkan diri jika semuanya akan baik-baik saja.

Memang benar adanya jika hidup ini tidak akan selalu berjalan mulus. Kedepannya, akan selalu ada masalah atau kejadian yang dapat menjatuhkan kita. Hal itu tidak bisa dihindari semua orang, bahkan termasuk saya sendiri. Sering kali kita merasa terpuruk dan terbebani dengan masalah-masalah yang menghantui kita, merasa tak berguna, sampai-sampai kita memiliki ketergantungan pada orang lain untuk merasa bahagia.

Namun, di tengah semua masalah itu, ada satu hal yang perlu kita ketahui. Mulailah dari dalam diri sendiri terlebih dahulu. Semuanya akan terasa lebih baik jika kita bersedia menerima kekurangan kita dan berusaha untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan tersebut, karena pastinya membutuhkan usaha yang besar untuk mengubah sisi negatif menjadi suatu hal yang positif.

Mencintai diri sendiri sebenarnya seperti proses kita mencintai hidup dan Tuhan. Kita perlu menikmati hari dan bersyukur, ingat kalau akan ada hari yang lebih baik yang menantimu di keesokan hari. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadi lebih positif misalnya mendekatkan diri pada orang yang membawa pengaruh baik dan banyak melakukan kegiatan positif. Namun, salah satu hal yang tidak kalah penting yaitu melakukan berbagai kegiatan yang membuat kita bahagia. Berdoa, meditasi, traveling dan menonton film adalah hal yang biasa saya lakukan ketika sedang down. Lakukan dan praktikan hal-hal tersebut setiap hari, ikuti kata hatimu dan terimalah bahwa nyatanya kita dapat merasa bahagia tanpa bantuan orang lain.

Tidak ada salahnya jika kamu berusaha menyemangati dirimu sendiri. Secara pribadi, saya pikir mengatakan hal-hal positif dan memberi semangat pada diri sendiri benar-benar dapat membantu di masa-masa sulit. Hanya kalimat-kalimat sederhana, seperti, “Dear me, you’re worth it. I’m with you and I love you.” Namun percayalah, it helps. Katakan terus hingga pandangan dan perasaan kita terhadap diri sendiri dapat menjadi lebih baik. Selain itu, lakukan banyak hal baru dan tantang dirimu sendiri untuk maju dan menjadi lebih baik, because we’re all worth it.

Baca juga: 5 Ways To Develop Empathy With People You Don’t Like

Tags: Luna Maya, Tatler Collabs, Self-Love