Dalam beberapa tahun terakhir, Kutub Utara menjadi tujuan destinasi berlibur yang semakin diminati. Walaupun perjalanan ekstrem ini bukan untuk semua orang, kecantikan pemandangan dan pengalaman berlibur di tengah pegunungan es membuat tempat ini digemari para wisatawan. Sebut saja pemandangan Aurora Borealis, mendaki pegunungan es, berlayar dengan yacht mewah serta mengobservasi beruang kutub secara dekat, pengalaman unik  ini tidak akan kamu dapatkan di destinasi wisata lain. Jika kamu menginginkan suasana berbeda untuk liburan kali ini, maka Kutub Utara merupakan tempat yang dapat kamu kunjungi. Berikut lima alasan mengapa destinasi menawan ini pantas masuk ke dalam daftar liburanmu. 
 
1/5 Ekspedisi privat dengan Yacht mewah

Ariodante.jpgFoto dok: Ariodante Travel Facebook

Sementara perjalanan dengan kapal pesiar masih tertunda di tengah pandemi, menyewa kapal pesiar pribadi ke destinasi yang jarang terjamah saat ini sudah semakin mudah untuk di akses. Perusahaan pariwisata mewah, Ariodante Travel, baru saja meluncurkan tur berkeliling Lingkaran Arktik dengan megayacht mewah. Kapal pesiar ekspedisi yang dikenal sebagai “The Legend” ini akan dipimpin oleh tim awak kapal yang berpengalaman serta dua ahli Lingkaran Arktik untuk memastikan jika wisatawan mendapatkan pengalaman tak terlupakan dari ekspedisi ini. 

 
Paket petualangan yang wajib kamu coba sekali seumur hidup ini menawarkan segala yang kamu harapkan dari ekspedisi mewah ke Kutub Utara, termasuk berenang dengan ikan paus Orca, beruang kutub, anjing laut, paus dan penguin. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menikmati keindahan Cahaya Utara dari dek kapal bersama dengan kekasih, keluarga maupun kerabat. Berbagai hidangan lokal yang dibuat langsung oleh koki pribadi juga turut melengkapi liburanmu.
 
Mampu menampung sebanyak 22 tamu selama ekspedisi tunggal, The Legend juga menawarkan berbagai fasilitas mewah seperti bioskop, kolam renang, gym, spa dan sauna, jacuzzi serta salon kecantikan. Tur akan dimulai di kepulauan Svalbard dan kamu akan dibawa ke seluruh penjuru Arktik termasuk Greenland, Tanjung Utara, dan Spitsbergen.
 
Tur ini dikabarkan akan di mulai pada Juni 2020 dan melakukan perjalanan hingga Februari 2021. Pihak Ariodante juga menyarankan untuk mengunjungi Kutub Utara pada bulan Juli dan Agustus, di mana tamu akan dapat menikmati Northern Lights secara optimal. Harga tur ini dimulai dari 23.450 dolar AS atau setara dengan Rp347 juta per orang, per minggu.
 
2/5 Northern Lights

Northern lights.jpegFoto dok: arctickingdom.com

Benar adanya jika alam merupakan seniman terbaik. Northern Lights adalah bukti nyata dari pernyataan ini. Kutub Utara adalah tempat terbaik d mana Cahaya Utara dapat disaksikan hampir setiap malam. Dikutip dari poseidonexpeditions.com, beberapa wisatawan yang menyaksikannya berkata bahwa Northern Lights menyerupai kabut berwarna kuning dan hijau. Sementara beberapa wisatawan lain mengatakan bahwa Northern Lights menyerupai pelangi dengan warna-warna indah memukau. Walaupun fenomena alam ini terlihat berbeda bagi beberapa orang, mengapa tidak jika kita menyaksikannya sendiri sekali seumur hidup?
 
3/5 Bertemu satwa langka

bear.jpgFoto dok: earthlyfacts.com

Beruang kutub sering kali dianggap sebagai penguasa Kutub Utara. Namun, pada kenyataannya, mereka sangat sulit ditemukan di benua ini. Biasanya beruang kutub berkeliaran dalam radius 50 km. Para betina biasanya akan hidup di sepanjang pantai Kutub Utara, sementara beruang jantan lebih banyak ditemukan di atas bongkahan-bongkahan es dan terapung di laut sekitar 180 mil jauhnya dari pantai. Berkurangnya populasi beruang kutub pun juga terjadi karena fenomena pemanasan global yang menyebabkan glester mencair. Oleh karena itu, mereka dipaksa berenang jauh untuk menemukan es tebal. Selain beruang kutub, kamu juga akan melihat beberapa satwa langka lainnya seperti anjing laut bercincin dan rubah kutub serta ikan dan udang yang dapat kamu temukan di lautan benua tersebut. Salah satu hal yang perlu diingat, beruang kutub merupakan predator dan jika ingin mengobservasinya lebih dekat, kamu memerlukan seorang pemandu berpengalaman yang dapat menjaga keamananmu.
 
4/5 Tempat sempurna untuk mengasingkan diri dari hiruk-pikuk ibu kota

Pemandangan.jpgFoto dok: newstatesman.com

Kutub Utara merupakan salah satu destinasi wisata yang masih terjaga alam aslinya. Dengan laut yang begitu tenang dan jernih, tempat ini akan membawa kita ke dunia lain yang jauh dari hiruk-pikuk serta kesibukan Ibu Kota. Waktu terbaik untuk berwisata ke benua ini adalah bulan April hingga September, di mana kamu dapat mendaki pegunungan es, berkemah memancing dan melakukan tur keliling dengan yacht mewah yang akan dipimpin oleh pemandu berpengalaman dan profesional. 

5/5 Menikmati keindahan laut es dari balon udara atau helikopter

Arctic.jpgFoto dok: festivalsherpa.com

Di atas ketinggian 50 kaki, Samudra Arktik yang membeku menjadi mosaik alami yang mengesankan. Pegunungan es tertutup salju, celah dan retakan raksasa dan kolam yang mencair mulai dari cerulean hingga pirus menghiasi sejauh mata memandang. Keindahan dan keheningan yang dirasakan saat menaiki balon udara menjadikan aktivitas opsional ini sebagai salah satu pengalaman liburan yang tak terlupakan. Tidak hanya itu, kamu pun juga dapat memiliki kesempatan untuk menikmati keindahan Arktik dari helikopter Mi2 yang akan membawamu berkeliling  tebing terjal Franz Josef Land dan pegunungan es besar yang tidak kalah indahnya.