MALTA COVER.jpgPhoto source: pixabay.com/magdalenalena

Sembari menjalani aktivitas pembatasan sosial, tidak ada salahnya jika kita juga mempersiapkan berbagai rencana kegiatan yang akan dilakukan setelah pandemi COVID-19 berakhir. Tidak hanya rencana untuk bersosialisasi dan melakukan aktivitas di luar rumah, berpergian ke luar negeri atau keluar kota juga dipastikan tercatat di dalam daftar hiburan.

Jika kamu sedang merencanakan untuk berlibur, Malta merupakan salah satu negara yang tepat untuk dikunjungi. Berikut ulasannya. 

1/5 Negara terkecil kesepuluh di dunia 

Negara terkecil.jpgPhoto source: pixabay.com/Mariamichelle

Negara terkecil kesepuluh di dunia ini bukanlah negara yang cukup populer untuk dikunjungi. Namun, keindahan tata kota dan kekayaan budayanya membuat negara ini patut untuk dikunjungi. 

Pada tahun 2018, ibu kota Malta, Valletta, terpilih sebagai ibu kota budaya Eropa. Terletak di antara benua Eropa, Afrika dan Timur Tengah, membuat Malta menjadi tempat pertemuan banyak budaya. Tidak hanya itu, sebagai negara yang berdiri sendiri, Malta juga pernah dikuasai oleh Inggris, Itali dan Arab. Hal ini menyebabkan kentalnya perpaduan ketiga kultur di negara ini.  

2/5 Valletta ibu kota terkecil di Eropa

Valetta.jpgPhoto source: pixabay.com/Wikimediaimages

Butuh waktu yang cukup lama untuk mengelilingi kota Paris atau London. Namun, di Valetta wisatawan hanya butuh satu hari saja untuk menikmati keindahan ibu kota dari Malta ini. Dengan luas 0,8 km persegi, wisatawan dapat berkeliling hanya dalam waktu satu jam saja dengan berjalan kaki. 

3/5 Tempat populer untuk syuting film 

FILM.jpgPhoto source: pixabay.com/antheah

Meskipun disebut sebagai negara kecil, Malta sudah menjadi lokasi syuting setidaknya lebih dari 100 film. Film pertama yang diambil di negara ini adalah "Sons of the Seas" pada tahun 1925. Film garapan sutradara asal Irlandia yang diadaptasi dari novel detektif Agatha Cristie berjudul "The Murder of the Orient Express" juga mengambil beberapa scene di negara ini. Selain itu, berbagai film populer seperti War Z, Asterix dan Obelix, the Davinci Code, Troy, Pinnochio dan Popeye juga disyuting di negara ini. Saat berkunjung ke Malta, wisatawan juga akan diajak berkeliling ke berbagai lokasi syuting dari film-film tersebut.  

4/5 Menikmati keindahan Gozo 

Gozo.jpgPhoto source: pixabay.com/ariane1001

Perjalanan singkat dengan feri akan membawa Anda dari Malta ke Gozo. Pedesaan kecil yang indah ini merupakan destinasi yang tepat untuk menghabiskan musim panas dengan tenang. Ketika berkunjung, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi kafe-kafe bernuansa klasik dan bangunan-bangunan yang sarat akan budaya dan seni di setiap sudutnya. 

5/5 Mengunjungi kuil-kuil megalitik

 Saflieni.jpgPhoto source: britannica.com

Jika kamu penggemar sejarah maka Malta merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi. Berbagai situs megalitik tersebar hampir di sudut kota bagian selatan dari negara ini. Hypogeum ─Žal-Saflieni tercatat sebagai kuil bawah tanah prasejarah tertua yang ditemukan di dunia. Labirin dari sebuah situs pemakan yang berusia lebih dari 5.000 tahun ini juga menjadi salah satu daya tarik bagi turis. Ketika berkunjung pastikan untuk mendaftar terlebih dahulu karena jumlah turis yang datang ke situs ini dibatasi hanya 80 pengunjung sehari.