Bosan dengan rencana travelling yang kurang menarik, mungkin kamu bisa mencoba untuk merencanakan perjalanan dengan cruise. Berlayar dengan kapal besar dan mewah, serta bepergian ke tempat-tempat baru, tentu terasa lebih menyenangkan dan memberi pengalaman mengesankan. Seiring dengan pulihnya pariwisata dunia, coba untuk melihat-melihat rekomendasi cruise yang telah kami kurasi. Kelimanya memiliki keunggulan yang berbeda, tergantung dari jalur pelayaran dan besarnya kapasitas penumpang. Berikut adalah kelima kapal pesiar terbaik di dunia.

1/5 Norwegian Cruise Line

NCLEncoreJuneau.jpg

Foto: Dok. wikimedia.com

Pada 2010, Norwegian Cruise Line pertama kali memperkenalkan kapal berukuran paling besar (mega-ship), yaitu Norwegian Epic. Di mana kapal ini mampu membawa lebih dari 4.000 penumpang (tepatnya 5.000 untuk kapasitas penuh). Rute mereka lebih banyak diisi pelayaran ke Amerika Utara, Wilayah Karibia, dan Wilayah Mediterania. Kapal Norwegian Bliss (selain Norwegian Epic, dengan kapasitas yang sama) dirancang untuk membawa keluarga besar dan dimanjakan dengan berbagai fasilitas seperti beragam waterparks, lintasan go kart, dan permainan virtual reality. Tertarik merasakan kemewahannya? Saran kami, tunggu jadwal pelayaran Norwegian Encore, karena kapal ini disebut-sebut sebagai kapal mega-ships paling mewah di antara line yang ada.

2/5 Disney Cruise Line 

Disney cruise orlando.jpeg

Foto: Dok. cntraveler.com

Siapa tak kenal taman hiburan Disney? Selain taman dan resor, mereka juga membawa konsep kenyamanan dan keramahan ke atas kapal pesiar. Bahkan Disney memiliki empat cruise dengan kapasitas penumpang 2.000-4.000 (kapasitas 2.000 untuk kapal Disney Magic dan Disney Wonder, sedangkan kapasitas 4.000 untuk kapal Disney Dream dan Disney Fantasy). Kapal ini memang dirancang untuk keluarga, di mana ada cukup banyak wahana yang dikhususkan untuk anak-anak. Keempat kapal ini memiliki rute pelayaran ke Karibia (di mana terdapat pelabuhan ke pulau privat Disney), Alaska, Eropa, Pesisir Pasifik, dan Kanal Panama. 

3/5 Viking Ocean Cruises

Viking-Ocean-Cruise-Ship.jpeg

Foto: Dok. Viking Ocean Cruises

Ini adalah lini terbaru dari Viking Cruises. Setelah sebelumnya berfokus pada pelayaran sungai pada 2015, tahun 2021 mereka mengeluarkan kapal berukuran lebih besar untuk berlayar di laut. Kapal ini mampu berlayar dengan membawa 930 penumpang dengan kamar yang masing-masing dilengkapi balkon. Meski tidak untuk semua penumpang, Viking Cruises menawarkan satu perjalanan gratis di setiap pelabuhan (pelayaran utama mereka lebih banyak ke wilayah Eropa Utara, walau ada juga beberapa yang ke Laut Mediterania), bir dan wine, makan siang dan makan malam, serta koneksi Wi-Fi yang cepat.

4/5 Lindblad Expeditions

lindblad expeditions.jpeg

Foto: Dok. cntraveler.com/Michael S. Nolan

Kamu gemar bertualang dan memiliki keinginan untuk melakukan ekspedisi laut jarak jauh? Maka kapal Lindblad Expeditions sangat cocok untuk masuk dalam daftarmu. Kapal ini tidak membawa banyak orang, maksimal hanya 148 dan memiliki rute pelayaran yang tidak biasa, seperti Arctic Svalbard, Antartika, Indonesia, hingga Galápagos. Meski pelayaran utama mereka untuk ekspedisi alam, tetapi yang terbaru adalah dibukanya jalur pelayaran ekspedisi kutub, yaitu National Geographic Endurance dan National Geographic Resolution. Uniknya, setiap pelayaran dilengkapi oleh para ahli dari Biologi Kelautan dan fotografer profesional.

5/5 Viking River Cruises

viking river.jpeg

Foto: Dok. Viking River Cruises

Masih berada di bawah perusahaan Viking Cruises, Viking River Cruises dikhususkan untuk perjalanan melintasi sungai-sungai besar dan terkenal di Eropa. Contohnya seperti Sungai Danube dan Sungai Rhône. Tak hanya khusus di Eropa, Viking River Cruise juga menyiapkan perjalanan jauh menyusuri sungai di Rusia (Sungai Volga), Mesir (Sungai Nil), hingga Thailand-Laos-Vietnam-Kamboja (Sungai Mekong). Kapal ini juga dilengkapi dengan Wi-Fi dan beberapa short course yang diberi nama “Culture Curriculum”, salah satunya wine tastings & menus, yang akan diubah tergantung musim.