Kota Padang tidak hanya terkenal dengan rendang dan restorannya yang tersebar di seluruh Indonesia saja. Ibukota Sumatera Barat beserta dengan kota-kota di sekitarnya memiliki sumber daya alam yang luar biasa, yang berpotensi menjadi destinasi wisata istimewa. Berlatarkan pegunungan, hutan hijau yang lebat, air terjun hingga danau yang memukau, ada banyak tempat wisata tak terjamah yang wajib kita eksplorasi. Jika kamu berencana untuk menghabiskan akhir tahun dengan travelling, berikut lima destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi.

1/5 Ngalau Simarasok

Ngalau.png Foto dok: Instagram Sumbartravel

Masih ingat dengan program tayangan “Uncharted” yang dipandu oleh Gordon Ramsey? Ketika ia menghabiskan waktu di Sumatera Barat, salah satu destinasi yang ia kunjungi adalah sebuah goa tersembunyi, Ngalau Simarasok. Goa ini menjadi salah satu destinasi wisata di Padang yang masih terjaga kealamiannya. Berada di kawasan Jorong Simarasok, Agam, Ngalau Simarasok adalah gabungan gua, sungai yang mengalir, pepohonan hijau dan nuansa alam yang menyegarkan. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan stalagtit dan stalagmite yang mengesankan serta menambak udang di sekitar goa. Jika kamu ingin menikmati alam yang masih natural dan menjauh dari keramaian, destinasi ini sungguh tidak akan mengecewakanmu.

2/5 Banto Royo

banto royo.jpgFoto dok: Instagram @rezkyalakbar

Jika Jakarta memiliki Hutan Mangroove, maka di Padang kamu pun juga bisa menikmati pemandangan serupa. Banto Royo adalah hutan bakau yang relative baru di Padang. Taman Wisata ini menawarkan pemandangan yang asri dan natural serta beberapa spot untuk di eksplorasi. Ketika berkunjung kesini, jangan lupa untuk membawa kameramu karena hampir setiap sudut sangatlah Instagramable.

3/5 Masjid Tuo Kayu Jao

masjid.jpgFoto dok: Kemendikbud

Selain wisata alam dan kuliner, kamu pun juga dapat melakukan wisata rohani. Salah satunya mengunjungi Masjid Tuo Kayu Jao. Masjid yang berlokasi di Alahan Panjang, Sumatera Barat ini merupakan masjid tertua di Minangkabau, yang usianya sudah mencapai lebih dari 400 tahun. Bentuknya yang unik dan pemandangan sekitarnya yang menawan menjadikan masjid ini salah satu destinasi wisata di Padang yang layak untuk dikunjungi.

4/5 Air Terjun Tiga Tingkat

terjun.jpgFoto dok: wisato.id

Untuk wisatawan yang hobi menjelajah alam, datang ke Air Terjun Tiga Tingkat merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dilakukan. Walaupun letak air terjun ini yang belum begitu terkenal di kalangan masyarakat, namun pesona alam yang ada di dalamnya sangat menawan.

Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki tiga tingkat yang berbeda. Bagi wisatawan yang ingin mencoba menaiki tingkat teratas, diperlukan kehati-hatian karena jalannya yang licin dan cukup terjal. Air Terjun Tiga Tingkat menampilkan pesona alamnya yang luar biasa, apalagi air yang ada di sana juga menyegarkan sehingga cocok digunakan untuk berendam atau sekedar bermain air.

5/5 Padang Mengateh

mengateh.jpgFoto dok: indofashlight.org

Forget about New Zealand. Jika kamu ingin menikmati keindahan padang rumput yang hijau beserta dengan binatang ternak seperti kerbau atau sapi, maka kamu harus mengunjungi Padang Mengateh. Berlokasi di Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, destinasi ini jarang terjamah oleh pengunjung.